Menggoreng Daging Berlapisan Adonan

- detikFood Rabu, 23 Jan 2013 16:17 WIB
Foto: mamaloli.com Foto: mamaloli.com
Jakarta - Bagaimana caranya menggoreng daging yang benar supaya daging matang bagian luarnya garing dan tidak berminyak?

Irisan daging sapi bisa digoreng dengan lapisan adonan atau tepung panir seperti sajian aneka katsu dari Jepang. Sebelum menggoreng sebaiknya pastikan dulu daging yang sudah dibumbui, dilapisi adonan secara merata. Adonannya bisa berupa adonan tepung atau tepung panir. Khusus untuk yang berlapisan bread crumbs atau tepung panir, biarkan beberapa saat agar lapisannya agak kering.

Selanjutnya panaskan minyak banyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng daging berlapisan tepung hingga seluruh bagiannya terendam minyak. Jaga jangan sampai minyak terlalu panas. Jika terlalu panas, lapisan luarnya akan gosong sementara daging masih mentah. Jika minyak kurang panas daging tidak akan kering sempurna dan berminyak saat diangkat. Goreng hingga kedua sisinya agak kering dan warnanya kuning keemasan. Angkat segera dan tiriskan. Setelah agak dingin daging bisa dipotong-potong dan disajikan dengan saus sesuai selera.



(odi/odi)