Bikin Cake Berlapis Fondant, Ini yang Wajib Diperhatikan

Angga Laraspati - detikFood Selasa, 15 Okt 2019 21:42 WIB
Foto: Shutterstock
Jakarta - Membuat sebuah cake ternyata tidak semudah mencicipinya. Apalagi cake yang harus dihias cantik agar menggugah selera dan bernilai seni tinggi.

Kali ini detikcom berkesempatan menghias sebuah cake dengan fondant. detikcom dibimbing langsung oleh Juara Masterchef Indonesia Season 1, Chef Lucky Andreono.

"Kali ini kita akan mencoba untuk menempelkan fondant ke atas sebuah kue," ujar Lucky di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, Selasa (14/10/2019).

Pertama, saya mendapat sebuah cake yang sudah jadi. Saya juga mendapat fondant, pisau fondant, rolling pin untuk menipiskan, dan juga sedikit cetakan untuk huruf.


Kedua, fondant yang saya dapatkan dibagi jadi tiga bagian. Dua bagian pertama saya beri pewarna makanan biru dan hitam. Fondant ketiga berwarna dasar putih.

Salah satu kesulitan yang dialami adalah memilih warna untuk fondant tersebut. Karena jika komposisi warnanya tidak sesuai, hasilnya tidak akan sesuai ekspektasi.

Langkah selanjutnya adalah menyatukan dua fondant dengan warna berbeda tersebut. Nah di sini kita musti bersabar karena harus menggunakan rolling pin untuk membuat fondant tersebut sampai benar-benar halus dan tipis.

Bikin Cake Berlapis Fondant, Ini yang Wajib DiperhatikanFoto: Angga Laraspati/detikcom

Langkah selanjutnya yang butuh kesabaran adalah proses pemotongan fondant yang mengikuti bentuk kue. Hal ini juga perlu ketelitian agar kue dan fondant tidak rusak dan hasilnya pun bisa terlihat rapih.

Dengan menggunakan pisau khusus, pemotongan fondant ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak lapisan fondant dan kue. Odie, salah satu peserta mengakui bahwa tahapan ini cukup sulit.


"Emang paling susah itu pas nata fondant-nya ke kuenya sih, sisanya sih ga terlalu susah," ujar Odie.

Setelah proses pemotongan fondant selesai, selanjutnya saya mencoba untuk membuat tulisan di atas cake tersebut dengan cetakan huruf yang sudah tersedia. Saya menuliskan '#JADIBISA' dan juga menempatkan logo XL yang sudah disediakan sebelumnya di atas cake yang sudah tersedia itu.

Ternyata langkah-langkah untuk menghias kue itu sulit-sulit gampang. Asalkan kamu terus bersabar dan teliti, hasil hiasan kue kamu akan terlihat bagus dan kamu jadi bisa untuk membuat kue yang indah.

Simak Video "Masak Masak: Resep Lava Cake Kukus"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com