Indonesian Tea Class

Slurpp! Segarnya White Tea Diseduh Cold Brew dan Dipadu Jus Semangka

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Sep 2018 14:03 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Mengawali kelas teh kali ini, diperkenalkan kreasi white tea kekinian. Bisa diseduh dengan teknik cold brew hingga dipadukan jus semangka yang manis segar.

Pilihan menu teh untuk kafe bukan hanya es teh, lemon tea atau lychee ice tea saja. Ada juga kreasi teh trendy dengan tampilan cantik menggunakan white tea sebagai bahan dasarnya.

Yang pertama ada white tea yang diseduh dengan teknik cold brew. Berbeda dengan penyeduhan teh umumnya yang memakai air panas, cold brew menggunakan air dingin. Teh lalu disimpan di kulkas selama 12 jam.

"Saya pakai white tea dari Solok," kata Ratna. Jenis white tea ini menghadirkan aroma harum sandalwood atau kayu cendana.

Slurpp! Segarnya White Tea Diseduh Cold Brew dan Dipadu Jus SemangkaFoto: detikfood

Cita rasanya unik dengan jejak rasa floral. Para peserta pun menyukai aroma dan rasa white tea ini. Ratna lalu memadukan white tea dengan bunga telang hingga menghasilkan tampilan warna minuman biru yang cantik.

"Bunga telang itu nggak ada rasanya, pemakaian white tea memberikan rasa manis alami. Saya juga mencampurkannya dengan sereh dan jeruk nipis," jelas Ratna.

Selain menghadirkan rasa asam, pemakaian jeruk nipis juga menyulap warna white tea bunga telang dari biru menjadi keunguan. Tentunya sangat pas dijadikan menu teh Instagramable di kafe.

Slurpp! Segarnya White Tea Diseduh Cold Brew dan Dipadu Jus SemangkaFoto: detikfood

Terakhir, Ratna mendemokan cara membuat Watermelon White Tea. Ratna menginformasikan, "Jus semangka kan sekarang sedang populer, bisa juga dipadukan dengan teh seperti white tea.Meraciknya mudah, pertama white tea diseduh menggunakan air panas selama 15 menit. Tujuannya menghadirkan rasa pekat yang kuat karena nantinya teh akan dicampurkan jus semangka dan es batu.
Slurpp! Segarnya White Tea Diseduh Cold Brew dan Dipadu Jus SemangkaFoto: detikfood

Setelah itu, white tea dipadukan ke jus semangka yang sudah dihaluskan bersama simple syrup. Bisa di-garnish memakai daun mint dan potongan semangka segar.

"Nah, white tea menghadirkan rasa teh yang pekat di ujung minuman. Ada rasa creamy-nya juga yang enak," pungkas Ratna.

(adr/odi)