Indonesian Tea Class

Rahasia Meracik Teh Kekinian Ala Kafe Diungkap di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Sep 2018 11:32 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Teh kini jadi minuman unggulan di kafe. Tak asal diseduh air panas, ada trik meracik teh yang benar. Juga memadukannya dengan bahan-bahan lokal yang tepat.

Pagi ini (22/9), detikFood bersama Almond Zucchini menggelar Indonesian Tea Class. Ahli teh sekaligus pencinta teh sejati, Ratna Somantri siap membagikan informasi seputar teh. Mulai dari jenis, cara menyeduh, hingga memadukannya dengan beragam bahan agar teh jadi minuman trendy.

"Kalau kita lihat sekarang teh banyak disajikan di kafe. Setiap coffee shop biasanya menawarkan teh sebagai pilihan. Karena kalau orang sudah minum 2 gelas kopi, biasanya nggak minum lagi ya. Jadi teh bisa jadi pilihan," kata Ratna saat ditemui detikFood.

Rahasia Meracik Teh Kekinian Ala Kafe Diungkap di SiniFoto: detikfood

Menu teh sebenarnya tak hanya melulu es teh saja. Ratna menilai teh bisa dikreasikan lebih menarik selera. "Kayak cheese tea kan sekarang jadi tren," sambung Ratna.

Dalam kelas teh ini, Ratna khusus mengusung tema racikan teh kekinian. "Kita ingin coba memperlihatkan teh bisa dikreasikan. Kalau orang bilang teh itu kuno, itu bisa diubah. Saya memakai teh terbaik Indonesia," kata wanita ramah ini.

Rahasia Meracik Teh Kekinian Ala Kafe Diungkap di SiniFoto: detikfood

Ada teh hitam, teh hijau, dan teh putih dari perkebunan-perkebunan teh terbaik di Indonesia. Beberapa bahkan sudah mendapat pengharagaan internasional. Bahan-bahan lokal yang ia gunakan sebagai paduan teh antara lain semangka, cendol, pacar cina, jeruk nipis, kelapa hingga wafer.

Teknik menyeduh tehnya juga berbeda seperti cold brew hingga memakai alat bertekanan untuk menghasilkan soda yang menyegarkan. Para peserta nampak antusias mengikuti kelas teh ini.

Rahasia Meracik Teh Kekinian Ala Kafe Diungkap di SiniFoto: detikfood

Mereka mendapatkan panduan resep 8 minuman yang akandidemokanRatna hari ini. Tentu juga berkesempatan mencicip dan bertanya-tanya langsung soal teh pada pakarnya. (adr/odi)