Chocolate Xperience

Begini Jadinya Kalau Apel Merah Cantik Berisi Cokelat Creamy

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 22 Apr 2018 09:21 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Bentuknya persis buah apel merah. Tapi saat digigit, terasa creamy cokelat dan mousse raspberry. Untuk membuatnya pastry chef membeberkan rahasianya.

Untuk melengkapi 'Chocolate Xperience' kali ini, pastry chef. Kali ini Chef Kim Pangestu dari Nomz Kitchen memperagakan pembuatan dessert 'Apple Oh Apple'. Dessert ini berupa mini pie yang diisi dengan chocolate ganache, mousse raspberry dan disiram glaze. Meski terlihat mudah tetapi ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

'Untuk tart shell nya saya sudah siapkan yang jadi. Tetapi resep yang saya berikan itu bisa dipakai untuk dibentuk apa saja,' tutur Kim Pangestu.


Begini Jadinya Kalau Apel Merah Cantik Berisi Cokelat CreamyGlaze natural disiramkan ke atas mousse raspberry. Foto: detikfood

Selanjutnya disiapkan raspberry jelly yang dibuat dengan memanaskan raspberry puree, gula, gelatin dan juga air. "Dalam proses pemanasan raspberry jangan sampai mendidih. Karena suhu yang terlalu panas membuat warnanya jadi merah gelap," jelas Chef Kim.

Soal gelatin lembaran dan bubuk juga diberikan tips khusus. 'Supaya bisa konsisten, bikin saja perbandingan, 1:50, jadi kalau 5 gram gelatin berarti airnya 250 ml,' ungkap chef Kim.

Mini tart kemudian diisi dengan ganache yang terbuat dari caramel milk chocolate dan krim. Kemudian dipadu dengan raspberry jelly yang dibekukan. Sementara raspberry mousse dicetak dalam cetakan silikon yang setengah bulatan dengan diameter selebar mini tart. 'Paling gampang pakai cetakan silikon yang sudah banyak dijual di toko bahan kue. Gampang dilepaskan dan dicuci,' ujar chef Kim memperlihatkan setakan yang dipakai.

Tahap akhir pembuatan dessert ini, mousse dilepaskan dan ditaruh dalam rak kawat. Paduan natural glaze dan glukose membuat cairan ini mengilap cantik. 'Agar tumpukannya terlihat rapi, bekasnya saya tutup pakai kelapa parut halus, Jadi seperti concealer kalau makeup. Bisa diganti dengan kacang cincang halus,' chef Kim memperagakan trik cantiknya.

Begini Jadinya Kalau Apel Merah Cantik Berisi Cokelat CreamyChef Kim memberikan sentuhan akhir berupa daun mint pada dessert ini. Foto: detikfood

Sentuhan akhir berupa tangkai dan daun mint kecil melengkapi penampilan 'Apple Oh Apple' yang merah cantik mengilap ini. Rasanya sayang buat dicicipi!

Dessert 'Balck and White' juga tak kalah menarik. Chocolate sable dipadu dengan passion fruit curd plus Flores 65 persen dark chocolate mousse berlapis black glaze. Dalam proses pembuatan curd, apinya harus kecil karena kalau mendidih telur yang dicampurkan ke dalamnya akan matang. Suhunya 80 C dan agar teksturnya lembut, adonan ini disaring.

Sementara untuk isinya dibuat chocolate mousse dari 65% dark chocolate dari Flores. Mouuse ini juga dicetak dengan cetakan setengah bulatan dan dibekukan. Bagian akhir berupa dark glaze dibuat dari natural glaze, glucose, gelatin dan pewarna hitam.

Begini Jadinya Kalau Apel Merah Cantik Berisi Cokelat CreamyFoto: Pipiltin Cocoa

Setelah sable diberi mousse cokelat barulah disiram dengan black glaze dan diberi sentuhan warna emas. Wah, tampilannya jadi hitam mengilap seperti galaksi! Chef Kim memberi alternatif hiasan berupa kuntum jamur untuk dessert ini. Dessert yang dibuat dengan permain tekstur renyah bisakuit, creamy mousse dan kenyal legit glaze ini memang mengelus lidah lezatnya.

Sebagai penutup peserta diajak mencicipi dessert buatan chef Kim Pangestu yang diperagakan plus aneka dessert lain yang semuanya dari cokelat. Disusun di atas meja berlapis cokelat, pesertapun sibuk memotret dan kemudian mencicipinya.

Begini Jadinya Kalau Apel Merah Cantik Berisi Cokelat CreamyDessert 'Chilchood' yang yummy! Foto: detikfood

'Aduh gila, bingung ini, kok semuanya enak ya,' ungkap seorang peserta. Rupanya dessert Childhood jadi favorit peserta. Banana bread dibuat dalam bentuk bulatan kecil, disajikan dengan caramel cardamom, dan cokelat ganache dari cokelat andaliman serat taburan chocolate soil.

Rasa manis banana bread makin enak dengan cokelat beraroma rempah. Makin sempurna dengan tambahan shorbet wedang ronde. Dalam satu suapan ada berbagai sensasi enak di mulut. Nyam! (odi/odi)