Special Tea Class

Proses dan Penyimpanan Pengaruhi Warna dan Kualitas Teh Hijau

Devi Setya - detikFood Sabtu, 16 Des 2017 13:28 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Meskipun sama-sama teh hijau tapi setiap seduhan teh ini memiliki warna dan kualitas berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh cara simpan.

Dalam kelas teh 'Green Tea Experience,' pakar teh Ratna Somantri menjelaskan setiap teh hijau memiliki warna, aroma hingga rasa yang berbeda. Beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain karena proses alami oksidasi hingga cara penyimpanan yang tidak benar.

"Saat teh hijau yang diseduh memiliki warna cokelat itu tandanya teh sudah teroksidasi. Oksidasi artinya teh sudah mendapat kontaminasi dengan suhu udara. Teh hijau yang baik adalah yang tidak teroksidasi sehingga warnanya tetap hijau keemasan bukan cokelat gelap," jelas Ratna di hadapan para peserta kelas teh di Nusa Gastronomy, Kemang, Jakarta Pusat.

Proses dan Penyimpanan Pengaruhi Warna dan Kualitas Teh HijauFoto: dok. detikFood

Lebih lanjut Ratna menjelaskan ketika teh hijau memiliki warna cokelat saat diseduh, itu tandanya ada yang salah. "Bisa jadi karena salah penanganan saat teh diproses, salah teknik penyeduhannya atau salah saat penyimpanan," lanjut Ratna.

Khusus untuk teknik penyimpanan, Ratna menyarankan untuk menyimpan teh hijau dalam wadah yang rapat dan kedap udara. "Teh bisa teroksidasi jika wadahnya kemasukan udara, masuk oksigen. Kalau sudah seperti ini teh semakin lama akan semakin berwarna cokelat," kata Ratna sambil menyeduh teh di acara yang digelar detikfood bersama Teh 2 Tang ini.

Peserta tampak serius mendengarkan semua paparan materi seputar teh hijau. Peserta juga disuguhi 5 sampel teh hijau lokal, Jepang, China dan Korea.

Proses dan Penyimpanan Pengaruhi Warna dan Kualitas Teh HijauFoto: dok. detikFood

Wajah antusias penuh rasa penasaran terlihat jelas saat peserta sudah disuguhi teh namun belum bisa mencicipnya. Sampai saat semua sampel teh tersaji lengkap, peserta mulai mencicipi sambil membandingkan aroma dan rasa dari masing-masing sampel teh.

'Meskipun dingin teh hijau tetap enak dinikmati,' ungkap Ratna sambil mempersilakan mereka mencicipi bergantian 5 sampel teh. Apa ya komentar peserta? Simak terus laporan detikfood.

(adr/odi)