Indonesian Tea Class

Kulit Jeruk Hingga Kapulaga Jadi Penambah Aroma Teh yang Sedap!

Sonia Permata - detikFood Sabtu, 28 Okt 2017 18:20 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Teh bukan lagi sekedar minuman, teh telah menjadi salah satu dari bagian tren gaya hidup. Aplikasikan teh dengan berbagai bahan untuk membuat teh kekinian yang nikmat.

Menjamurnya kafe, hotel, dan restoran yang menyajikan beragam menu racikan teh unik, semakin digemari oleh banyak orang, khususnya masyarakat Indonesia yang telah mengenal teh sejak dulu. Meski tidak sepopuler kopi, racikan teh yang beragam tidak kalah dengan minuman lainnya.

Kulit Jeruk Hingga Kapulaga Jadi Penambah Aroma Teh yang Sedap!Foto: Detikfood


"Garis besarnya, teh tidak hanya disajikan pada kedai teh saja. Tapi hampir di semua kafe dan restoran memiliki menu teh," ungkap Ratna pakar teh, dalam acara Indonesian Tea Class bersama 2Tang (28/ 17).

Untuk itu Ratna Soemantri membagikan beberapa tip dasar dalam meracik menu teh yang mengabungkan dengan bahan-bahan lain, yang bisa menjadi inspirasi untuk menu di kafe maupun untuk di rumah.

"Tren teh di luar negeri, biasanya lebih fokus ke teh yang dicampur dengan herbal, buah, atau bunga. Matcha, tea infused food, tea cocktail, tea detox, juga tengah menjadi tren teh yang digemari."

Lebih lanjut Ratna menerangkan, bahwa banyak sekali bahan-bahan yang bisa di kreasikan menggunakan teh. Selain menambah citarasa, penambahan ini bisa menambah estetika dan nilai jual.

Kulit Jeruk Hingga Kapulaga Jadi Penambah Aroma Teh yang Sedap!Foto: Detikfood


"Mulai dari kulit jeruk, jahe, vanilla, kayu manis, hingga nanas bisa diracik menjadi panduan yang pas untuk menu teh unik. Jadi tidak harus terbatas lychee tea, atau mint tea semata."

Ratna membagikan dua resep mudah hasil kreasinya meracik teh hitam dengan sirup yang terbuat dari parutan kulit jeruk. Cara pembuatannya juga cukup mudah dan praktis.

Pertama masukan jenis teh, bisa menggunakan teh hitam. Seduh teh hitam dalam air mendidih, diamkan hingga 3-5 menit. Buat sirup kulit jeruk, dengan cara memarut bagian luar kulit jeruk dan masukan ke dalam air gula, agar aroma harum dan rasa asam jeruk keluar.

Siapkan gelas tebal, yang telah diisi dengan es dan ditaruh di freezer, kemudian setelah teh matang masukan langsung teh panas ke dalam gelas dingin, kemudian campurkan dengan sirup kulit jeruk hingga dirasa pas.

"Tapi selalu diingat, jika kita akan mencampurkan teh dengan bahan lain, selalu masukan teh dua takar lebih banyak agar nantinya ketika dicampur, rasa dan tekstur teh tetap terasa," tutur Ratna.

Kulit Jeruk Hingga Kapulaga Jadi Penambah Aroma Teh yang Sedap!Foto: Detikfood


Selain itu, Ratna juga memberikan resep racikan lainnya yaiut Lychee Tea. Berbeda dengan jenis lychee tea lainnya, buah lychee sebelumnya telah dibuat menjadi sorbet. Teh yang digunakan tetap teh hitam.

"Saya menggunakan leci kaleng, jadi air dari buah leci ini bisa dijadikan sirup racikan untuk dimasukan ke dalam teh. Cara pembuatannya kurang dari 5 menit, sangat praktis dan mudah," jelas Ratna seraya mempersiapkan sorbet leci buatannya.

Teh dituangkan ke dalam botol shake sebanyak 150ml kemudian dicampurkan dengan sirup leci sesuai selera, dan potongan es, kemudian kocok selama 30 detik hingga 1 menit hingga berbuih. Tuangkan di atas gelas dan sajikan, dengan daun mint.

Lalu yang terakhir ada Chai, teh hitam yang dicampur menggunakan rempah dan herba. Racikan chai ala Ratna, menggunakan jahe 10gram, kapulaga 10 butir, cengkeh 6 butir, lalu kayu manis 5gram dan air 200ml. Jahe pertama-tama dibakar kemudian digerus atau diblender hingga hancur jangan terlalu halus, masukan air hingga mendidih dan ketika aroma keluar campurkan dengan bubuk teh hitam sebanyak 5 gram, diamkan lima menit kemudian saring. Chai bisa diaplikasikan dengan es krim vanilla. (msa/odi)