Indonesian Tea Class

Mengenal Jenis Teh dan Racikan Teh Kreatif untuk Kafe

Sonia Permata - detikFood Sabtu, 28 Okt 2017 12:37 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Kini sajian teh semakin beragam. Banyak kafe dan restoran yang khusus menyajikan menu teh dengan berbagai tren yang berkembang.

DetikFood bekerjasama dengan Almond Zucchini, Teh 2Tang, dan Ratna Somantri adakan Indonesian Tea Class di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/17) Berbeda dengan kelas teh sebelumnya, kali ini Ratna Somantri mebahas lebih dalam mengenai bagaimana cara memilih hingga menyeduh ragam teh yang sedang tren untuk kafe dan restoran.

Mengenal Jenis Teh dan Racikan Teh Kreatif untuk KafeFoto: Detikfood


Di kelas hari ini Ratna akan membagikan informasi lengkap soal teh. Mulai dari jenis-jenis teh, peralatan hingga racikannya. Sehingga peserta mendapatkan racikan teh spesial untuk kafe atau untuk konsumsi sendiri.

"Biasanya saya hanya membuat tea class yang menjelaskan tentang basic tea. Namun hari ini saya lebih fokus pada cara meracik teh, mengolah teh, menyeduh teh, juga tentang menu tren teh yang tengah berkembang di kafe, restoran, dan hotel," ungkap Ratna Soemantri saat ditemui detikfood (28/10).

Lebih lanjut Ratna menjelaskan tentang bagaimana penyajian teh yang unik dan kreatif, menjadi kunci penting dalam hidangan teh.

Mengenal Jenis Teh dan Racikan Teh Kreatif untuk KafeFoto: Detikfood


"Meski teh tidak terlalu populer seperti kopi, tapi teh sendiri memiliki ragam yang banyak, dan cara penyajiannya pun tidak hanya sekedar diseduh dengan air panas saja. Ada teknik dan trik sendiri dalam penyajian teh, sama seperti pembuatan kopi. " tambahnya.

"Saya juga sudah mempersiapkan cold brew tea, jadi hari ini peserta bisa membedakan rasa antara hot brew dan cold brew. Jadi selain mendapatkan trik untuk meracik menu teh dengan kreatif, peserta juga akan mendapatkan pengalaman baru dari Tea Class hari ini," tutur Ratna.

Antusiasme atas Tea Class hari ini terlihat jelas dari para peserta yang sudah datang sejak pagi hari. Ada 40 peserta dari berbagai kalangan pencinta teh dan pebisnis yang hadir.

Simak terus artikel Indonesian Tea Class hari ini di detikFood.

(msa/odi)