Dim Sum Cooking Class

Dim Sum Bakso dan Goreng Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah, Ini Tipsnya!

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Sep 2017 17:28 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Siapa bilang membuat dim sum di rumah sulit? Praktekkan dulu 2 dim sum ini. Caranya mudah dan bahannya tak sulit.

Cooking class yang diadakan oleh detikFood kali ini menggandeng JIA Restaurant Shangri-La Hotel Jakarta dengan tema dim sum. Ada 5 jenis dim sum yang dibuat, salah satunya adalah Steamed Beff Ball dan Fried Wonton Prawn and Crab Meat.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Pembuatan Dumpling Ayam dan Sayuran Saus Sichuan

Kedua jenis dim sum ini tergolong sangat mudah dibuat. Untuk dim sum bakso ini cara membuatnya mirip sekali dengan bakso biasa, hanya saja tidak direbus tapi dikukus dan perbandingan tepungnya berbeda.

Dim Sum Bakso dan Goreng Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah, Ini Tipsnya!Bahan Pembuatan Dim Sum Bakso (Foto: dok. detikFood)

Bahan-bahan yang diperlukan hanya daging sapi cincang, daun ketumbar, minyak wijen, tepung san fen (tepung sagu), garam, gula, lada putih dan kaldu ayam.

"Pilihlah daging sapi bagian paha. Lebih baik daging yang sudah dipotong kemudian dibekukan agar saat menggiling tak perlu dicampurkan es batu," ujar Chef Fatt.

Dim Sum Bakso dan Goreng Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah, Ini Tipsnya!Dim Sum Bakso yang Empuk Gurih (Foto: dok. detikFood)

Supaya aroma dan rasanya wangi, potongan ciliantro atau daun ketumbar bisa ditambahkan ke dalam adonan. "Daging giling yang sudah dicampur bumbu tadi ditambahkan dengan sedikit tepung sagu. Sekitar 1 sdm," jelasnya.

Kukus hingga 8-10 menit. Kalau ingin menyajikannya dengan kembang tahu bisa ditaruh sebelum dikukus.

Dim Sum Bakso dan Goreng Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah, Ini Tipsnya!Chef Fatt Sedang Meracik Dim Sum Goreng (Foto: dok. detikFood)

Kalau suka dengan dim sum yang digoreng, Anda wajib coba Fried Wonton Prawn dengan paduan daging kepiting dan udang.

Cara membuatnya sangat mudah. "Buat terlebih dulu isiannya yaitu campuran udang dan kepiting kemudian masukkan tepung sang fen, garam, kaldu ayam bubuk, gula, minyak wijen dan aduk hingga rata," tutur chef.

Dim Sum Bakso dan Goreng Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah, Ini Tipsnya!Dim Sum Isi Daging Udang dan Kepiting Siap Digoreng (Foto: dok. detikFood)

Isian tersebut kemudian dibungkus dengan kulit spring roll dan direkatkan dengan campuran air dan tepung terigu. "Gulung kulit spring roll dan lipat bagian ujungnya hingga membentuk seperti kepiting," tutup Chef Fatt.

Baca Juga: Meracik Dim Sum Fusion dengan Paduan Putih Telur dan Angkak

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com