Dim Sum Cooking Class

Meracik Dim Sum Fusion dengan Paduan Putih Telur dan Angkak

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Sep 2017 16:17 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kombinasi warna merah dan putih yang cantik ini dibuat dari bahan alami. Menggabungkan gaya tradisional dengan fusion, tak hanya cantik, rasanya juga enak.

DetikFood kembali menggelar acara cooking class menarik. Bekerjasama dengan JIA Chinese Restaurant Shangri-La Hotel Jakarta, kali ini dim sum diolah dengan sajian seafood dan putih telur bergaya fusion.

"Kunci keberhasilan dalam membuat dim sum adalah selalu gunakan bahan-bahan yang segar," ujar Chef Low Kien Fatt, Chef dim sum.

Meracik Dim Sum <i>Fusion</i> dengan Paduan Putih Telur dan AngkakPenggunaan Bahan Segar Jadi Kunci Kelezatan Dim Sum (Foto: dok. detikFood)

Setelah membuat dim sum dengan campuran ayam, kali ini Chef yang sering disapa dengan panggilan Fatt ini membuat sajian dim sum yang agak berbeda.

Ada beberapa tepung yang digunakan untuk membuat dim sum ini yaitu tepung sang fen dan tepung tang mien. "Sang fen ini adalah tepung sagu," jelas Fatt.

Kedua tepung ini diaduk jadi satu dan diberi campuran air angkak. "Angkak direndam dengan air dan blender hingga halus. Kemudian saring dan diambil airnya untuk pewarna dan didihkan," tambah Chef Fatt.

Meracik Dim Sum <i>Fusion</i> dengan Paduan Putih Telur dan AngkakProses Pembuatan Dim Sum dengan Air Angkak (Foto: dok. detikFood)

Chef Fatt menambahkan bahwa air angkak harus panas supaya warna dimsumnya menjadi transparan. Setelah diuleni, adonan di roll dan ditimbang masing-masing sekitar 8-10 gram.

"Ditekan dengan pisau khusus dim sum sambil diputar dan diisi dengan adonan yang dibuat dari campuran udang, peterseli, garam dan kaldu ayam," ungkap Chef.

Setelah selesai dikukus, dim sum disajikan dengan putih telur dan tobikko dibagian atasnya.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com