Dim Sum Cooking Class

Ini Dia Rahasia Pembuatan Dumpling Ayam dan Sayuran Saus Sichuan

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 16 Sep 2017 14:23 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Chef Low Kien Fatt beberkan rahasia pembuatan dumpling enak. Diisi dengan ayam dan sayuran makin enak dicocol saus sichuan.

Sekitar 50 peserta sudah antusias memenuhi salah satu ruangan di JIA Chinese Restaurant. DetikFood bersama dengan dengan Chef Low Kien Fatt, Chef Dim Sum dari JIA Chinese Restaurant Shangri-La Hotel Jakarta memulai menu pertamanya.

Ada chicken sichuan and vegetable dumpling. Bahan-bahannya berupa ayam cincang, pak coy iris, tepung terigu hingga bumbu-bumbu pelengkap.

Ini Dia Rahasia Pembuatan Dumpling Ayam dan Sayuran Saus SichuanBahan untuk Membuat Chicken Sichuan and Vegetable Dumpling (Foto: dok. detikFood)

"Pilih ayam dengan bagian paha agar rasanya gurih. Daging paha ayam yang sudah di cincang kemudian dicampur dengan pak coy iris, garam, kaldu ayam bubuk dan gula pasir," jelas Chef Fatt sambil mengaduk adonan.

Itu ada bahan pertama dan menurut sang chef bahan isian ini lebih baik dibuat satu hari sebelumnya dan disimpan dalam chiller.

Setelah itu, adonan kedua dibuat dengan mencampurkan tepung terigu dan juga air. Kemudian aduk hingga rata dan bentuk.

Ini Dia Rahasia Pembuatan Dumpling Ayam dan Sayuran Saus SichuanChicken Sichuan and Vegetable Dumpling Buatan Chef Fatt (Foto: dok. detikFood)

"Bentuk adonan menjadi pipih dan tipis dan masukkan bahan-bahan campuran daging ayam tadi. Bentuk sesuai selera," tambahnya.

Untuk menambah rasa enak, Chef asal Kuala Lumpur, Malaysia ini juga menambahkan saus Sichuan. "Campurannya berupa kecap asin, cuka hitam, cabai rawit merah, irisan daun bawang, gula dan minyak cabai," tutup sang chef.

Setelah dim sum dikukus dan matang, Anda bisa menyajikannya dengan saus ini. Nyam!

Baca Juga: Belajar Membuat 5 Dim Sum Cantik Langsung dari Ahlinya

(adr/odi)