Fiesta Cooking Class

Uniknya Fried Chicken Taco dengan Salsa, Chipotle Mayo dan Chicken Pop Bites

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 25 Agu 2017 18:19 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Membuat taco sendiri ternyata mudah. Tinggal tambahkan saus salsa dan ayam goreng tepung renyah sebagai isiannya. Taco pun siap dinikmati sebagai sharing menu.

Mengakhiri Fiesta Cooking Class, Chef Odie mendemokan pembuatan Fried Chicken Taco. Menurutnya sajian ini cocok dimakan beramai-ramai atau dijadikan sharing menu. "Sekarang itu zamannya sharing menu. Jadi kalau ada acara di rumah, sajian menu nggak harus dibuat untuk tiap orang. Siapkan saja sharing menu untuk dinikmati beramai-ramai," jelas Chef Odie.

Salah satu sharing menu yang mudah dibuat di rumah adalah taco. Kali ini ia mengunakan taco putih. Chef Odie menginformasikan, "Kalau beli di supermarket, ada dua jenis taco. Yang warnanya putih itu dari tepung terigu, sementara yang kuning dari jagung." Taco putih dipilih karena teksturnya melunak jika dipanaskan.

Uniknya <i>Fried Chicken Taco</i>, Paduan Taco dengan Salsa, <i>Chipotle Mayo</i> dan <i>Chicken Pop Bites</i>Foto: dok. detikFood

"Untuk resep ini, kita butuhnya taco putih karena kalau pakai taco jagung tidak mungkin empuk. Caranya taco dipanasin sebentar saja di atas wajan tanpa minyak. Panaskan sampai mengembang," jelas Chef Odie.

Sambil menunggu taco, Chef Odie membuat salsa. "Gampang banget buat salsa sendiri di rumah. Campurkan potongan dadu tomat, bawang bombay dan paprika. Terakhir perciki jeruk nipis dan coriander," jelasnya.

Sentuhan Meksiko hadir dari pemakaian Chipotle Mayo. Chef Odie berujar, "Chipotle itu mirip paprika. Pas coba pertama kali rasa pedasnya memang tak terlalu terasa, tapi lama kelamaan pedasnya kuat." Bentuk chipotle sendiri seperti saus warna merah tua. "Ini udah kayak saus sambalnya orang Meksiko," lanjut chef bertubuh tinggi ini.

Uniknya <i>Fried Chicken Taco</i>, Paduan Taco dengan Salsa, <i>Chipotle Mayo</i> dan <i>Chicken Pop Bites</i>Foto: dok. detikFood

Lembaran taco lalu disusun bersama red cabbage segar, romaine lettuce, salsa dan Golden Fiesta Pop Bites. Potongan ayam goreng tepung nan renyah ini cocok jadi pelengkap taco. "Terakhir, kasih sedikit perasan jeruk nipis dan daun ketumbar," pungkas Chef Odie.

Di akhir acara, detikFood, Fiesta Food dan Modena Culinaria membagikan doorprize pada peserta yang beruntung. Ada yang membawa pulang voucher senilai Rp 1 juta hingga kompor induksi Modena. Para peserta juga berkesempatan menikmati Fiesta Ready Meal.

Uniknya <i>Fried Chicken Taco</i>, Paduan Taco dengan Salsa, <i>Chipotle Mayo</i> dan <i>Chicken Pop Bites</i>Foto: dok. detikFood

Dua orang peserta, Eci dan Hida baru pertama kali ikut cooking class detikFood. Keduanya mengaku puas dengan Fiesta Cooking Class ini. "Chef-nya menjelaskannya bagus dan kita jadi tambah pengetahuan resep sandwich," ujar Hida.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com