Basic Coffee Roasting

Wah, Peserta Sangat Antusias Belajar Prinsip Roasting Kopi Indonesia

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 06 Agu 2017 15:05 WIB
Foto: detikFood
Jakarta - Para pecinta kopi hingga pebisnis kafe bisa bergabung di sini. Bersama sang ahli, para peserta belajar hingga mencicip ragam kopi Indonesia.

Mencicip kopi tidak selalu hanya pahit. Ternyata jenis-jenis kopi juga beragam. Walau jenis kopinya sama akan tetapi ketika di-roasting dengan mesin berbeda tentu rasanya akan berbeda.

Hari ini detikFood bersama dengan Anomali adakan kembali 'Basic Coffee Roasting'. Banyaknya antusiasme pecinta kopi, membuat kelas ini dibuat menjadi dua sesi.

Wah, Peserta Sangat Antusias Belanjar Prinsip <i>Roasting</i> Kopi IndonesiaFoto: iStock

Sesi pertama diikuti 20 peserta sudah berakhir sukses. Kini dilanjutkan dengan sesi kedua dengan 20 peserta berbeda.

Workshop ini dipandu oleh Aris, salah satu Q Grader dan trainer di Indonesian Coffee Academy. Para peserta akan diajak mengenal berbagai kopi Indonesia.

Mulai dari mengenal green beans, pengenalan mesin roasting, tujuan roasting hingga praktek me-roasting. Para peserta juga akan diajak menganalisa hasil roasting dengan cupping hasil biji kopi yang sudah di-roasting.

Wah, Peserta Sangat Antusias Belanjar Prinsip <i>Roasting</i> Kopi IndonesiaFoto: detikFood

"Tak hanya roasting, cupping juga sangat penting untuk menganalisa rasa. Dengan teknik ini Anda bisa mengenal ini kopi Jawa atau Sumatera," ujar Aris Kadarsiman selaku Lecture Indonesian Coffee Academy (06/08).

Setelah belajar roasting, para peserta akan diajak cupping merasakan kopi arabika asal Jawa yang sudah di-roasting dengan profil yang berbeda yaitu light, medium dan dark roasting.

Kalau ingin tahu keseruan peserta mencicip dan melihat proses roasting kopi Indonesia, terus ikuti artikel hingga sosial media detikFood ya!

(adr/odi)