Chocolate Story Cooking Class

Cokelat Indonesia Premium akan Diolah Jadi Sajian Spesial

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Jun 2017 15:31 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Siang ini (10/6) detikFood menggelar cooking class cokelat di Arts Cafe, Hotel Raffles Jakarta. Executive chef Daniel Patterson siap bagikan resep chocolate dessert praktis untuk sajian Lebaran.

Cokelat bisa jadi inspirasi sajian Lebaran menarik selera. Karenanya detikFood bersama Pipiltin Cocoa dan Hotel Raffles Jakarta mengadakan Chocolate Story Cooking Class pada ramadan ini. Executive chef Daniel Patterson didapuk untuk mengolah cokelat lokal premium menjadi sajian dessert praktis, menarik dan menggugah selera.

Cokelat Indonesia Premium akan Diolah Jadi Sajian SpesialFoto: Detikfood


"Hari ini saya akan mempraktekkan 3 resep yaitu Chocolate Dates Tartles, Chocolate Croissant Bread and Butter Pudding serta Sticky Toffee Pudding," ujar Chef Daniel pada detikFood (10/6) di sela-sela persiapannya.

Adapun resep Chocolate Croissant Bread and Butter Pudding paling spesial karena Chef Daniel terinspirasi dari sajian serupa buatan ibunya kala ia kecil. "Dessert klasik Inggris ini dulu sering dibuat ibu saya. Tetapi dulu ia menggunakan roti sebagai bahan utama. Sekarang saya coba berkreasi dengan croissant. Sedikit butuh trik memang untuk mengubah resep ibu saya," tutur chef yang sudah berpengalaman lebih dari 18 tahun ini.

Dalam berkreasi ia memanfaatkan cokelat Indonesia dari Pipiltin Cocoa sebagai bahan utama. Ada cokelat yang berasal dari Tabanan, Pidie Jaya Aceh hingga Glenmore Banyuwangi. Chef Daniel menuturkan, "Kualitas cokelat Indonesia amat baik karena memang Indonesia adalah salah satu negara penghasil cokelat dunia. Kita tahu banyak cokelat Indonesia diekspor ke luar negeri lalu sering kali 'dikembalikan' ke sini."

Cokelat Indonesia Premium akan Diolah Jadi Sajian SpesialFoto: Detikfood


Sebagai seorang chef ia mengaku tak kesulitan mengolah cokelat Indonesia menjadi dessert enak. Varian cokelatnya sudah banyak sehingga memudahkan pembuatan dessert.

"Apalagi ini cokelat lokal, cara seperti ini bisa sekaligus memperkenalkan cerita dan kualitas cokelat asli Indonesia," sambungnya.

Menurutnya Pipiltin Cocoa juga terbuka pada inovasi sehingga ini bisa jadi peluang cokelat Indonesia makin terkenal.

Saat ini peserta sudah siap menyimak cooking class. Mereka nantinya juga berkesempatan mencicip aneka cokelat truffle sambil mendapat tips langsung dari Chef Daniel. Nah, kalau mau tahu keseruan Chocolate Story Cooking Class selanjutnya, pantau terus detikFood. (msa/odi)