Home Cooking Class

Tumis Shirataki Juga Bisa Jadi Makanan Praktis Menyehatkan

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 19 Mei 2017 18:29 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Menyajikan makanan untuk keluarga haruslah sehat. Di cooking class kali ini, Joanna memberikan tips resep olahan shirataki yang lezat!

Memasak bukanlah hal yang sulit dilakukan. Semua makanan bisa dibuat, asalkan dipersiapkan secara tepat. Joanna Lasmono, ibu dua anak sekaligus penulis buku 'The Cookbook Diary Recipes from Heart, a Cooking Journal of Joanna Lasmono' punya tips mengolah mie sehat yang rendah kalori.

Kali ini, Joanna memilih untuk membuat tumis shirataki. Ini adalah mie asal Jepang yang dikenal rendah kalori dan karbohidrat. Warnanya bening dan biasanya dikemas dalam plastik dengan rendaman air.

Aneka bahan-bahan yang akan dimasak dengan shiratakiAneka bahan-bahan yang akan dimasak dengan shirataki. Foto: detikFood
Membuat masakan mie ini sebenarnya konsepnya hampir sama seperti mie tek-tek. Bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, saus tiram, kecap manis, garam, lada, minyak wijen dan merica.

Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, kemudian masukkan telur yang sudah dikocok lepas. "Saat memasukkan telur, sebaiknya jangan dicampur dengan bumbu halus," tutur Joanna.

Tumisan bumbu dengan tambahan telur untuk campuran shirataki gorengTumisan bumbu dengan tambahan telur untuk campuran shirataki goreng. Foto: detikFood
Sebelum dimasak, sebaiknya rebus terlebih dahulu shiratakinya. "Rebusnya jangan terlalu lama agar tidak kelembekan. Rebus sebentar hingga teksturnya al dente. Karena shirataki ini masih akan kita masak kembali," jelas wanita cantik ini.

Sambil memasak, Joanna juga memberikan tips dalam mengolah shirataki. "Kalau sedang ingin bakmi goreng, spaghetti bolognese, pad thai, mie ayam atau mie bakso, Anda bisa gunakan shirataki," ujarnya.

Daging shabu yang tipis sangat cocok jadi pelengkap sajian ini. "Daging shabu lebih cepat matang dan lembut. Jangan menggunakan daging untuk sup, karena akan keras teksturnya karena daging sup perlu proses pemasakan yang lama agar dagingnya lembut," jelasnya.

Tumis Shirataki Juga Bisa Jadi Makanan Praktis MenyehatkanJoanna Lasmono sedang menjelaskan cara memasak praktis di rumah. Foto: detikFood
Selain daging shabu, Anda juga dapat menggantinya dengan tuna, salmon, bebek asap, ayam ataupun udang. Ia menambahkan, "Bisa juga dimasak dengan ikan cakalang. Supaya rasanya lebih enak, bisa ditambahkan dengan jeruk dan sereh."

Agar semakin menambah serat, jangan lupa tambahkan sayuran. wortel dan sawi hijau hingga matang. "Terakhir tambahkan minyak wijen, daun bawang dan seledri," tutup Joanna. (lus/odi)
Load Komentar ...