Beginner Cooking Class

Ini Dia Rahasia Nasi Goreng Kampung dan Ikan Asin yang Sedap Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Apr 2017 16:21 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Menu praktis nan mengenyangkan, nasi goreng turut diungkap pembuatannya. Ada yang memakai ayam hingga ikan asin jambal yang gurih sedap!

Membuat nasi goreng mudah asalkan racikan bumbunya tepat. Kalau mau buat nasi goreng kampung, Joanna membeberkan bumbunya.

"Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, penyedap, terasi, garam, lada dan kecap manis," jelas Joanna. Terasi jadi kunci penting kelezatan nasi goreng untuk aroma dan rasanya yang sedap.

"Di rumah saya selalu stok terasi, bisa digoreng sekaligus banyak lalu simpan di stoples. Pakai kapanpun dibutuhkan," ujar Joanna memberi tips.

Ini Dia Rahasia Nasi Goreng Kampung dan Ikan Asin yang Sedap EnakFoto: detikFood
Soal nasi, Joanna menyarankan penggunaan nasi putih dingin. "Supaya butiran berasnya nggak melengket satu sama lain," jelasnya. Tapi sajian ini juga bisa dibuat dari beras basmati, seperti dipraktekkan kali ini.

Semakin enak karena nasi goreng kampung juga ditambahkan telur. "Untuk protein bisa pakai daging ayam. Paling enak memanfaatkan sisa ayam," jelasnya.

Joanna mencontohkan, "Misalnya ayam goreng, lalu cukup disuwir-suwir." Pelengkapnya tentu saja acar, kerupuk dan sambal.

Nasi goreng ikan asin a la Joanna memakai ikan asin jambal. "Ikan asin digoreng kering dulu. Masukkan ke nasi nanti menjelang matang supaya nggak keras karena kelamaan dimasak," jelas Joanna.

Ini Dia Rahasia Nasi Goreng Kampung dan Ikan Asin yang Sedap EnakFoto: detikFood
Joanna juga menggunakan minyak wijen untuk memberi rasa khas pada sajian ini. Ia menjelaskan, "Minyak wijen juga sebaiknya ditambahkan menjelang nasi mau matang. Supaya aroma dan rasanya nggak rusak."

Sama seperti demo sebelumnya, demo nasi goreng ini diakhiri dengan icip-icip para peserta. Mereka nampak antusias mencicip sajian nasi goreng hangat yang baru diangkat dari wajan. (lus/odi)
Load Komentar ...