Beginner Cooking Class

Trik Bikin Gorengan Tempe, Bakwan Sayur dan Bakwan Jagung yang Renyah Diungkap Tuntas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Apr 2017 13:36 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Gorengan selalu jadi camilan favorit. Tak asal dicampurkan tepung, Joanna mengupas tips dan trik membuat gorengan gurih renyah.

Sebelum memperagakan tiga resep gorengan, Joanna mengungkap pentingnya kehadiran dapur di rumah pada para peserta. Baginya dapur bukan sekadar tempat memasak.

"Dapur itu jantungnya rumah. Saya melihat banyak dapur bagus tapi nggak 'hidup.' Make it alive. Anda bisa kasih tanaman khusus dalam ruangan atau hiasan lain. Create your own feeling supaya Anda menikmati waktu di dapur," jelasnya.

Trik Bikin Gorengan Tempe, Bakwan Sayur dan Bakwan Jagung yang Renyah Diungkap TuntasFoto: detikFood
Joanna juga sempat mengungkap tips dan trik menyimpan bahan makanan segar di kulkas. "Ayam, daging, ikan dari supermarket nggak langsung saya taruh gitu aja di kulkas. Sebaiknya dipotong-potong, dibersihkan dan dimasukkan plastik dulu," jelasnya.

Potongan tersebut kemudian bisa dibungkus dalam 3 plastik. Joanna melanjutkan, "Nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masak. Misal 1 plastik untuk bumbu kecap, mentega, dan sebagainya."

Mengenai bumbu kering, ibu dua anak ini selalu menyimpan parsley, oregano, bumbu kari, bubuk bawang putih, dill, onion powder, bay leaf, thyme hingga kayu manis.

Untuk 3 resep gorengan, Joanna sengaja memilih tempe dan bakwan yang selalu jadi favorit. Pada tempe goreng tepung, tempe yang dipakai berupa lembaran tipis.

Trik Bikin Gorengan Tempe, Bakwan Sayur dan Bakwan Jagung yang Renyah Diungkap TuntasFoto: detikFood
Bumbunya antara lain bawang putih, ketumbar sangrai, penyedap dan garam. "Kenapa ketumbar sangrai? Karena supaya wangi. Cara sangrai juga gampang, cukup panaskan ketumbar di atas wajan. Angkat begitu wangi," jelas Joanna.

Tempe lalu dibalut campuran tepung terigu dan tepung beras. Joanna berujar, "Tepung beras supaya hasilkan sensasi renyah. Perbandingannya 250 gram tepung terigu dengan 1 sdm tepung beras." Sentuhan akhirnya berupa saus kecap dan cabai rawit.

Trik Bikin Gorengan Tempe, Bakwan Sayur dan Bakwan Jagung yang Renyah Diungkap TuntasFoto: detikFood
Bakwan sayuran juga tak kalah menarik selera. "Potongan wortel dan kol dicampur bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, dan penyedap. Campur rata baru tambahkan tepung," jelasnya.

Bakwan sayuran lalu bisa digoreng deep fry atau dalam minyak banyak sampai terendam. "Goreng hingga warnanya kuning keemasan," jelasnya.

Begitu juga dengan bakwan jagung yang menggunakan pipilan jagung manis sebagai bahan utama. "Tapi sebagian pipilan jagung enaknya dihaluskan dulu. Baru nanti dicampurkan pipilan jagung renyah. Supaya ada paduan tekstur lembut dan renyah dalam satu gigitan," lanjut Joanna.

Trik Bikin Gorengan Tempe, Bakwan Sayur dan Bakwan Jagung yang Renyah Diungkap TuntasFoto: detikFood
Untuk hasilkan tampilan mirip gorengan pinggir jalan, Joanna sengaja memakai irisan bawang merah utuh. "Nanti ada efek golden di atasnya," pungkas Joanna.

Sesi demo gorengan diakhiri dengan cicip-cicip langsung oleh peserta. Mereka bebas mencelupkannya ke dalam kecap manis atau melahapnya dengan cabai rawit. Nyamm! (lus/odi)
Load Komentar ...