Pasta Cooking Class

Trik Bikin Resep 3 Saus Pasta Andalan Dibeberkan Detil Pembuatannya oleh Chef Marco

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Des 2016 13:30 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Jakarta - Usai membuat pasta orecchiette, Chef Marco mendemokan 3 racikan saus pasta andalan. Ada pink sauce, arrabiaatta, dan beef bolognese.

Pasta makin enak dengan saus pelengkap. Tak perlu beli saus kemasan, saus pasta a la restoran ternyata mudah dibuat sendiri.

Hal itu dibuktikan Chef Marco saat memperlihatkan langkah pembuatan 3 saus andalan Restorante Da Valentino. Ketiga saus diracik menggunakan homemade tomato sauce racikan Chef Valentino.

Trik Bikin Resep 3 Saus Pasta Andalan Dibeberkan Detil Pembuatannya oleh Chef MarcoFoto: saus arrabiatta / detikfood
"Saus tomat ini jadi bahan dasar saus arrabiaatta, pink sauce, dan bolognese. Membuatnya mudah dan tidak ada bahan rahasia," jelas Chef Marco. Bahannya antara lain extra virgin olive oil, wortel, bawang bombay, seledri, tomat segar, garam, dan gula.

Tomat perlu dikupas dulu kulitnya dan dibuang bijinya sebelum dihaluskan. Sementara itu sayuran yang terdiri dari wortel, bawang bombay, dan seledri juga dihaluskan.

"Di atas wajan, panaskan extra virgin olive oil lalu tumis sayuran hingga harum. Tambahkan saus tomat setelahnya. Masukkan garam, merica, dan gula. Masak dengan api kecil selama 2-3 jam," jelas Chef Marco.

Untuk membuat arrabiata, tinggal ditambahkan extra virgin olive oil, bawang putih, cabai rawit, garam dan merica.

Sementara pink sauce diracik bersama minyak zaitun, bawang putih, cabai rawit, cream cooking (krim segar), parsley, garam, dan lada hitam.

Trik Bikin Resep 3 Saus Pasta Andalan Dibeberkan Detil Pembuatannya oleh Chef MarcoFoto: pink sauce / detikfood
"Pink sauce ini racikan mama saya di Singapura," cerita Chef Marco. Kini pink sauce pun jadi racikan andalan Ristorante Da Valentino.

Untuk saus bolognese, Chef Marco dibantu Executive Sous Chef restoran, Chef Andre, sudah membuatnya terlebih dulu karena proses masaknya lama.

"Bahan dasarnya sama yaitu homemade tomato sauce. Tinggal tambahkan bawang putih, seledri, bawang bombay, dan wortel," jelas Chef Marco.

Semuanya ditumis dengan extra virgin olive oil. Chef Marco menambahkan, "Masukkan daging sapi dan kaldu daging. Masak 3,5 jam. Kalau sudah jadi tinggal ditumis. Sebelumnya beri sedikit butter, lada dan garam."

Trik Bikin Resep 3 Saus Pasta Andalan Dibeberkan Detil Pembuatannya oleh Chef MarcoFoto: saus bolognese / detikfood
Menurut Chef Marco racikan bolognese di Italia berbeda-beda. Banyak yang memakai paduan 1/3 daging babi, 1/3 daging kambing, dan 1/3 daging sapi. Setiap rumah punya racikan saus bolognese favorit keluarga.

Jika akan disimpan, saus ini bisa dibuat dalam jumlah banyak. Saat akan disajikan dengan pasta tinggal dipanaskan dengan tambahan butter, minyak olive, lada dan garam dan dimasak hingga kental. (ani/odi)