Thai Cooking Class

Dapat Rahasia Bikin Tom Yum Pla dan Green Curry Asli Thailand dari Nyonya Pop

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 29 Okt 2016 16:11 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
Jakarta - Kali ini makanan Thailand gaya rumahan diungkap rahasianya. Ada Tom Yum Pla, Green Curry Chicken hingga Glass Noddle Salad yang sedap.

Hidangan Thailand menjadi salah satu hidangan Asia yang terpopuler. Dengan penggunaan banyak rempah dengan rasa pedas, gurih dan asam membuat sajian Thailand banyak disukai oleh orang Indonesia.

Mrs. Duangporn Achanai atau yang akrab disapa dengan panggilan Nyonya Pop kali ini khusus memberikan ilmu meracik makanan Thailand dalam acara cooking class kali ini.

Bekerjasama dengan Culinaria MODENA, detikFood adakan cooking class masakan Thailand yang bertempat di MODENA Experience Center, Kuningan (28/10). Nyonya Pop berbagi rahasia empat sajian lezat dan autentik kepada peserta. Dengan membeberkan rahasia dan cara pembuatan Tom Yam Pla, Deep Fried Gurame with Chili Sauce, Green Curry Chicken, dan Glass Noodle Salad with Chicken and Shrimps.

Mengawali cooking class, Nyonya Pop menunjukkan cara membuat Green Curry Chicken. Prosesnya diawali dengan menumis curry paste hingga wangi dan memasukkan santan dari Thailand.

Dapat Rahasia Bikin <i>Tom Yum Pla</i> dan <i>Green Curry</i> Asli Thailand dari Nyonya PopFoto: detikFood

"Jika tidak menemukan santan Thailand, Anda bisa menggunakan santan biasa. Untuk penggunaan santan biasa harus dikurangi airnya karena santan biasanya tidak sekental santan Thailand," jelas Pop.

Setelah aroma tumisan wangi, nyonya Pop langsung menambahkan santan dan perlu diaduk hingga santannya terpisah dengan minyak atau biasa orang menyebutnya santannya harus sampai 'pecah'. "Masukkan santan lebih dulu dan masak sekitar 5 menit baru masukkan daging ayam agar bagus hasilnya," jelas Pop.

"Setelah masukkan daging ayam, tambahkan sedikit air, gula dan kecap ikan. Tambahkan terung hijau dan masak dengan api kecil sekitar 15-20 menit. Masukkan daun jeruk dan cabai masak 5 menit. "Karena curry pastenya sudah asin, Anda perlu sedikit demi sedikit menambahkan kecap ikan dan tidak perlu ditambah garam lagi," Ungkap wanita berambut panjang ini.

Ketika ada peserta yang bertanya, bagaimana jika daging ayam pada green curry diganti dengan ikan, nyonya Pop memberikan tipsnya. "Ayam bisa diganti dengan ikan seperti kakap putih ataupun lele. Agar rasanya lebih enak ikan bisa ditambahkan dengan temu kunci." jelasnya.

Tom Yum Pla jadi hidangan selanjutnya. Berupa sajian kuah hangat yang segar dengan isian ikan kakap putih yang lembut. Sang chef menjelaskan bahwa ada dua jenis tom yum yaitu tom yum dengan kuah bening dan tom yum dengan kuah keruh agak kental seperti dibuat ini.

Dapat Rahasia Bikin <i>Tom Yum Pla</i> dan <i>Green Curry</i> Asli Thailand dari Nyonya PopFoto: detikFood

"Akar ketumbar, lengkuas, serai yang digeprek dan diiris serta daun jeruk yang sudah dirobek daunnya dimasukkan ke dalam air mendidih hingga wangi kemudian angkat akar ketumbar dan lengkuas. Baru masukkan susu bersama dengan chilli paste dan saus ikan," jelas Pop sambil memperagakan.

Tambahan cabai kering dan jeruk nipis serta ikan dan potongan jamur. Hmm, aroma tom yum sudah tercium sedap!

Masih ada lagi sajian lezat khas Thailand yang tak kalah menggoda yaitu Deep Fried Gurame with Chili Sauce yang sangat mudah dibuat. Kuncinya adalah pemilihan ikan yang segar dan pembuatan sausnya!

Gurame seberat 750-800 gram disayat pada bagian badannya kemudian digoreng hingga kecokelatan. "Agar hasilnya crispy lumuri permukaan tubuh ikan dengan sedikit tepung maizena atau tepung beras," tutur Pop sambil memperlihatkan ikan yang sudah ia goreng.

Agar hasil ikannya tak anyir, Chef Pop juga menyatakan bahwa pilih ikan gurame yang masih segar (hidup) kemudian dicuci bersih dan tiriskan.

Dapat Rahasia Bikin <i>Tom Yum Pla</i> dan <i>Green Curry</i> Asli Thailand dari Nyonya PopFoto: detikFood

"Panaskan minyak kemudian masukkan irisan cabai dan cincangan bawang putih serta akar ketumbar, air asam, gula jawa, gula putih, oyster sauce, saus ikan dan kaldu ayam. Masak hingga kental dan siram diatas ikan gurame yang sudah digoreng," ujar Pop.

"Untuk asam jawa sebaiknya dilarutkan dengan perbandingan 1:3," saran wanita ini.

Hidangan keempat, Glass Noodle Salad with Chicken and Shrimps masih menarik perhatian para peserta. Salad ini diracik dengan beragam campuran dan dipadukan dengan suun yang lembut.

Chef Pop menuturkan untuk membuat salad dressing dibutuhkan potongan cabai, bawang putih, acar bawang putih, ketumbar serta akar ketumbar cincang halus. Campurkan dengan kecap ikan, jeruk nipis dan gula hingga rata.

"Cincangan ayam diberi sedikit lada, garam dan kecap ikan serta campur sedikit air dan tumis hingga matang," tuturnya.

Kemudian chef pop juga mencampurkan salad dressing dengan kaldu serta mencampurkan udang, cumi dan cincangan ayam. Suun yang sudah celupkan ke dalam air panas juga ditambahkan dengan tomat, bawang bombay dan seledri.

Dapat Rahasia Bikin <i>Tom Yum Pla</i> dan <i>Green Curry</i> Asli Thailand dari Nyonya PopFoto: detikFood

Glass Noodle Salad with Chicken and Shrimps disajikan secara cantik dengan kombinasi warna menarik. Cooking class yang berlangsung sekitar 2 jam ini ditutup dengan pembagian door prize dari Culinaria Modena untuk tiga orang beruntung.

Kali ini Ifi Fuji Auliaty, Meliana Pranata dan Nurasianti Gani berhak mendapatkan voucer cooking class Culinaria Modena sebesar Rp 500.000.

Keseruan cooking class detikFood juga terlihat dari antusias para peserta. "Seru! Karena suami kan suka makanan Thailand kayak Tom Yum. Jadi pengen sih ikutan ini supaya bisa bikin sendiri di rumah," tutur Siti, Ibu Rumah Tangga.

Sama-sama menyukai masakan Thailand, Paulina, peserta asal Tangerang ini juga ingin belajar masakan Thailand di rumah terutama green curry. "Tadi sudah coba masakannya, rasanya enak sih otentik. Beda dengan yang banyak dijual di Jakarta," tuturnya.

Santi, ibu dari dua anak ini juga suka memasak. "Kami mau mencari sesuatu yang baru. Keluarga kami suka sekali makan, mulai dari India sampai Thailand. Kalau berbicara soal kuliner Asia, makanan Thailand lebih bisa diterima dibandingkan dengan Arab. Jadi acara ini bisa menambah ilmu memasak kita dan bisa diterapkan di rumah," tuturnya.

Setelah cooking class, peserta pun menikmati makan siang dengan sajian hidangan Thailand lezat dan juga camilan tradisional.

Nah pantau terus detikFood untuk tahu cooking class seru selanjutnya. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan ilmu serta trik memasak enak mancanegara langsung dari ahlinya.

(adr/odi)
Load Komentar ...