Indonesian Tea Class

Mengenal Teh Premium Indonesia Bersama Ahli Teh dan 5 Perkebunan Teh

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 15 Agu 2016 15:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Indonesia punya banyak teh premium yang bisa jadi minuman kafe. Di kelas ini Anda bisa mengenal, mencicipinya bersama ahli teh dan 5 perkebunan teh Indonesia.

Di kelas teh ini Anda dapat mengenal teh Indonesia secara lengkap. Jenis, aroma, citarasa, juga keunggulannya. Baik untuk dikonsumsi sendiri maupun untuk dijadikan minuman kafe.

Indonesia punya lebih dari 17.000 pulau. Di pulau-pulau besar terdapat perkebunan teh rakyat dan PTP yang berusia lebih dari seratus tahun. Selain teh hitam yang menduduki peringkat ekspor teh tertinggi, ada beragam teh Indonesia lain yang enak dan berkualitas.


Menanggapi maraknya bisnis kafe kami ingin mengajak Anda mengenal teh Indonesia sebagai salah satu minuman favorit. Detikfood mendapat dukungan dari Ratna Somantri dan Almond Zucchini Cooking Studio untuk menghadirkan "Indonesian tea Class".

Ratna Somantri sebagai pemerhati dan ahli teh Indonesia akan membagikan sejumlah informasi soal teh Indonesia.

1. Mengenal teh Indonesia dan varian teh yang ada di berbagai wilayah Indonesia.
2. Memahami karakter pohon teh sebagai penghasil daun teh.
3. Mengenal ciri-ciri dan tipe teh Indonesia dari jenis green tea, black tea, white tea dan oolong tea.

Pada kesempatan ini Anda diajak mencicipi 3 jenis teh Indonesia; Indonesian Sencha (green tea), Indonesian silver needle tea (white tea), dan Indonesia black tea yang diproses gaya China (black tea).


Sebagai salah satu jenis minuman yang bisa mendatangkan banyak konsumen, Anda juga akan diajarkan cara menyajikan teh yang tepat. Mulai dari pemilihan peralatan, menyimpan stok teh, menyiapkan air hingga berbagai hal yang perlu dihindari.

Informasi terkini soal Tisane dan Tea Blends yang sedang digemari di dunia juga akan dibeberkan. Anda akan mendapat wawasan baru tentang blending atau pencampuran daun teh.

Apa benar teh Indonesia yang berkualitas itu mahal? Karena dihasilkan di negara sendiri pastinya teh Indonesia lebih terjaga kualitasnya dan harganya tentu lebih murah dari teh impor.

Anda akan bisa bertanya jawab dengan Ratna Somantri dan mendapat kesempatan mencicipi oolong tea terbaik dari Indonesia yang bersertifikat organik FDA. Atau merasakan keunikan aroma white tea dari perkebunan di Jawa Barat.

Kali ini ada 5 perkebunan teh yang ternama dengan kualitasnya akan turut hadir dalam acara ini. Bukit Sari Tea Estate, Hanrendong Tea Estate, Negeri Kanaan Tea Estate dan Toba Wangi Tea. Anda bisa berinteraksi dengan masing-masing perkebunan dan mengenal produk-produk unggulan mereka.


Ada beragam teh dari perkebunan yang akan diseduh. Seperti dari Bukit Sari ada white tea, black tea, green tea dan jasmine tea. Dari Harendong Tea Estate ada Organic Premium Green Tea, Organic Premium Light Oolong dan Dark Oolong serta Organic Premium Black Tea.

Sedangkan dari Toba Wangi black tea, green tea, green pouching dan white tea. Dari KBP Chakra ada sencha, genmacha, houjicha, white tea, grey dragon, TGFOP dan chinese green tea. Dari Sumatra dari perkebunan teh Liki dari PT Mitra Kerinci, Solok Selatan.

Belum tahu betul soal teh Indonesia? Atau sudah punya kafe tetapi belum punya minuman teh andalan? Inilah saat tepat bagi Anda menambah wawasan dan ilmu soal teh Indonesia.

Catat waktunya, Minggu, 21 Agustus 2016, pukul 10.00 - 13.00 di Almond Zucchini Cooking Studio, Jl.Prapanca No. 6, Jakarta Selatan (depan kantor Walikota Jakarta Selatan).

Tiket yang Anda bayarkan termasuk makan siang dan goodie bag berisi produk teh unggulan Indonesia. Berhubung tempat yang tersedia sangat terbatas, daftarkan diri Anda segera di sini!

(adr/odi)