Yuk, Makan Mi Enak di Jakarta!

- detikFood Kamis, 26 Jun 2008 15:27 WIB
Jakarta - Mumpung Jakarta sedang berulang tahun, Anda bisa keliling kota ini untuk mencari santapan mi yang paling enak. Apa mi favorit Anda? Mi Bangka? Jangan khawatir, semuanya bisa Anda santap panas mengepul di tempat paling top di Jakarta. Sebelum hunting mi enak, sebaiknya simak dulu buku panduan mi paling gres ini!

Kalau mencari makanan yang paling global di dunia saat ini, jawabannya pastilah Mi! Ya, mi yang berasala dari Cina ini memang makanan yang laing luwes dan mudah beradaptasi dengan cita rasa lokal.

Tak heran jika di tiap negara selalu ada varian mi yang unik. Demikian juga di tiap sudut kota Jakarta. Inilah yang diamati oleh 10 orang member Jalansutra, sebuah komunitas makan dan jalan-jalan yang dikepalai oleh Bondan Winarno, dalam buku setebal 96 halaman.

Buku ini merupakan buku ke 4 dari serial Kuliner yang diterbitkan oleh Pustaka Rumah. Jika ingin menguji rasa atau memperluas wawasan kuliner tentang mi, buku ini bisa memberikan gambaran komplet soal sajian mi yang ada di Jakarta.

Peta Mi enak di Jakarta ini dibagi dalam beberapa bagian. Dimulai dengan Mi Aceh, Medan dan Siantar, kemudian disusul Bagansiapi-api, Padang, Palembang dan Belitung, Mi Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Mi Pontianak dan Makasar serta varian mi lain. Dengan peta mi ini, Anda menjadi udah menemukan mi enak sesuai selera.

Soal enak dan tidak,6 orang penulis, member Jalansutra yang terkenal dengan petualangan lidah dan perut yang luar biasa ini bisa jadi jaminan. Apalagi cara review dilakukan dengan cara mendatangi langsung penjual mi dan mencicipi racikan mi mereka tanpa tebengan sponsor atau hubungan kekerabatan dengan pemilik. Pastinya hasil penilaian 3 orang di tiap tempat menjadi obyektif.

Di awal bab buku ini, Mi Aceh yang ada di Kelapa Gading (RM Aceh Baru) dan Bendungan Hilir (RM Meutia) pun dihadirkan dengan ulasan yang rinci. Tampilan kuah yang kecokelatan dari Aceh Baru dan kuah kemerahan dari Meutia bisa menantang Anda untuk memperbandingkan kelezatan racikan mi dari serambi Mekkah ini. Bersiap-siap pula untuk meneteskan air liur membaca diskripsi soal kepiting yang melengkapi kuah mi yang wangi dan nyemek-nyemek.

Kalau ingin mencicipi yang unik seperti Kwetiau Bagan bisa menguji kesabaran mengubek daerah Bandengan untuk antri sepiring kwetiau yang kenyal lembut dengan semburat bumbu kemerahan menantang. Atau menjajal kelezatan mi Belitung racikan Koh Akui di kawasan Gunung Sahari. Mi kuning yang disiram kuah udang kental dengan topping bakwan, timun, tauge dan emping.

Anda juga bisa menambah pengalaman lidah dengan mencicipi mi Makasar di daerah Wahid Hasyim. Mi kuning yang digoreng kering dengan guyuran kuah kental berisi sayuran, udang dan bakso bakal menggoyang lidah karena teksturnya yang fantastik!

Buku yang dilengkapi dengan gambar-gambar mi yang dijamin merontokkan iman pencinta mi ini juga menampilan mi legendaris di Jakarta. Seperti Soto Mi Lautze, Mi Kangkung si Jangkung dan mi kocok Bandung.

Mi berbumbu Asia dari Vietnam, Jepang atau Cina juga ditampilkan, mengingat lidah orang Jakarta yang sudah mulai mengglobal. Namun, mi dengan tampilan unik seperti Mi Terasi, Mi Tek-Tek, Mi Bebek dan Mi Cakalang pun tak luput dari pengamatan penulis.

Nah, jangan pernah mengaku penggemar berat mi jika belum 50% dari 28 tempat mi yang disajikan dalam buku ini pernah Anda singgahi. Dari pada bingung menentukan mi favorit dan keburu air liur menetes, buruan saja arahkan tujuan Anda ke salah satu penjual mi yang terdekat di lokasi Anda. Jangan lupa, bawa buku mungil ini!

KULINER Jalansutra
28 + Tempat Mi Enak di Jakarta
Tahun 2008, 96 halaman
Pustaka Rumah, PT Prima Infosarana Media
Rp.29.800,00
Bisa di peroleh di semua toko buku dan penjual koran dan majalah
(dev/Odi)