Soto Iga, Es Puter & Lapis Legit Bebas Lemak

- detikFood Jumat, 28 Mar 2008 15:38 WIB
Jakarta - Jika saat ini Anda harus menghindari makanan berlemak gara-gara kolesterol, jangan kecil hati. Akhir pekan ini justru Anda bisa membuat soto betawi, rendang, gulai kepala ikan atau kolak pisang. Semuanya dijamin enak, rendah lemak, rendah gula dan gampang dibuat!

Sebenarnya ide penulisan buku ini berawal dari keinginan sang penulis untuk membuat resep sehari-hari yang lebih menyehatkan untuk keluarga di rumah. Tak heran sebagian besar resep dalam buku karangan Hiang Marahimin ini mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda. Yang membuatnya berbeda adalah kreativitas sang penulis yang mencoba untuk melakukan 'renovasi' terhadap resep-resep tersebut agar tampil lebih sehat dan aman dikonsumsi sehari-hari.

Sang penulis sendiri adalah seorang wartawati yang telah lama berkecimpung di dunia kuliner. Beliau pun menyadari, tak mudah untuk mengubah kebiasaan menyantap hidangan Indonesia yang telah mendarah daging. Kebanyakan masakan Indonesia mengandung lemak dan santan yang jika berlebih justru berdampak tidak menguntungkan bagi kesehatan. Itulah sebabnya dalam mengawali buku ini sang penulis bakal mengajak Anda untuk mengenali macam-macam lemak. Apa itu lemak jenuh atau lemak tak jenuh? semua dapat Anda temukan jawabannya pada halaman lima buku ini.

Tidak dapat dipungkiri sesungguhnya lemak memegang peranan penting bagi tubuh. Selain itu lemak juga dapat memberikan rasa enak dan gurih pada makanan. Eits... tetapi Anda pun harus berhati-hati, sebab lemak yang berlebih malah dapat berbalik menjadi musuh bagi tubuh. Jadi jurus-jurus jitu untuk mengurangi lemak dan kolestrol pada masakan, cara meningkatkan serat, hingga mempertahankan nutrisi pada hidangan ini tak boleh Anda lewatkan. Disusul oleh pembuatan kaldu tanpa lemak, susu kedelai, hingga santan yang telah mengalami proses renovasi membuat isi buku ini makin komplet saja.

Pada halaman 11, Anda akan menemukan bab yang berjudul 'Sup & Soto'. Jika Anda penyuka sup iga, soto mi dan soto ayam, tidak ada salahnya meluncur ke bab ini. Selain resep yang diberikan secara step by step, untuk mempermudah tiap-tiap resep dilengkapi juga dengan tips untuk membuat hidangan lebih enak dan trik untuk merenovasi suatu hidangan agar lebih sehat.

Untuk sop iga sendiri misalnya, agar lebih sehat disarankan untuk membuang lemak yang menempel pada daging. Dikarenakan kaldu juga merupakan sumber lemak, oleh karena itu penulis menyarankan untuk melakukan penyaringan kaldu agar lemak menjadi lebih sedikit. Nah, jika ingin tahu berapa kalori, lemak dan kadar kolestrol yang telah diturunkan? Anda dapat menyimaknya di tabel nutrisi yang selalu menyertai setiap resep.

Nasi, ayam, dan tempe merupakan menu keseharian yang umumnya dikonsumsi masyarakat Indonesia. Di bab yang berjudul 'Nasi & Mi', terdapat beragam aneka resep seperti nasi goreng rendah lemak, mi godog Jowo, hingga kwetiaw goreng yang telah dimodifikasi dengan tetap mempertahankan keaslian cita rasanya.Rendang terkenal sebagai hidangan yang memakai banyak santan.

Bagaimana cara membuat rendang tanpa memakai banyak santan? Apakah rasanya masih seperti rendang? Jawabnya dapat Anda temukan sendiri di bab yang berjudul 'Ayam, Daging, Telur, Tahu & Tempe' dapat diintip pada halaman 33.

Bagi para penggemar ikan dan seafood tak usah khawatir akan kolestrol lagi. Melangkah ke bab berikutnya Anda dapat menemukan berbagai resep seperti gulai kepala ikan, ikan panggang pacak yogurt, atau balado seafood yang lezat. Dimana semua resep tersebut disajikan lebih sehat dengan mengurangi kadar kolestrol yang banyak terkandung pada seafood.

Jika bicara soal masakan, tak lengkap rasanya jika tidak membahas sayuran yang penting bagi tubuh. Bagi Anda penyuka sayur nangka, mungkin dapat mencoba resep yang telah dimodifikasi menjadi sayur ramas ini. 'Ramas' sendiri dalam bahasa Minang berarti 'dicampur'. Jika aslinya sayur ini hanya terdiri dari irisan nangka dan gulai, kini sang penulis mencampurnya dengan beberapa sayuran lain seperti wortel, kacang panjang, atau kol. Untuk memberi rasa gurih dipakai kaldu tanpa lemak plus susu kedelai. Dijamin selain mendapatkan serat yang lebih banyak, rasanya pun dijamin tak kalah lezat.

'Kue, Camilan, dan Kudapan' akhirnya menjadi bab penutup buku setebal 112 halaman ini. Aneka resep dari brownies sehat, es puter kelapa muda, talam pisang, hingga kue lumpur semua dapat Anda dapatkan dalam buku terbitan Gramedia ini. Nah, untuk dapat menyajikan aneka hidangan favorit keluarga Anda di rumah rasanya tak salah jika buku ini dijadikan acuan untuk memasak hidangan yang lebih sehat. Selamat mencoba ya!

Renovasi Resep
Mengubah Masakan Enak dan Sehat
(Masakan Selera Indonesia)
Hiang Marahimin
Rp 60.000,00
Tersedia di seluruh TB Gramedia
(dev/)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com