Sajikan Hidangan Vietnam nan Eksotis

- detikFood Rabu, 14 Okt 2009 13:34 WIB
Jakarta - Kuliner Asia memang mudah beradaptasi dengan lidah orang Indonesia. Termasuk hidangan Vietnam yang mayoritas berbahan dasar beras ini. Sajiannya yang eksotis dan rasanya yang kaya akan rempah pun bisa tersaji di meja makan Anda dengan bantuan buku sakti ini. Coba saja!

Hidangan Asia seperti Thailand, Cina, Jepang, dan Kore mungkin sudah lama dikenal dan akrab di lidah kita. Dan kini bertmabah satu lagi hidangan Asia yang mulai mengambil hati orang Indonesia. Yak, hidangan Vietnam yang tak kalah enaknya kini mulai diminati.

Sebenarnya hidangan Vietnam ini tak terlalu jauh berbeda dengan hidangan Asia lainnya. Penggunaan bumbu, rempah, dan sayuran tetap jadi ciri utamanya. Semua makanan yang disajikan tak kalah eksotis dengan keindahan alamnya.

Dalam buku ini, pembaca diajak untuk sedikit mengenal tentang Vietnam. Mulai dari kebiasaan sehari-hari masyarakatnya hingga apa saja yang disantap oleh mereka. Seperti ada beberapa sajian masakan mereka yang terpengaruh dari budaya Perancis.

Hampir semua masakannya menggunakan bahan utama beras, tak heran karena negara ini cukup terkenal karena penghasil beras. Sebut saja Shrimp Rice Paper Rolls, mirip seperti lumpia tapi ia menggunakan ban thrang. Ban thrang, kulit tipis seperti kulit lumpia ini terbuat dari beras dan isinya berupa udang yang sudah diolah bersama dengan beberapa jenis sayuran dan rempah-rempah pilihan.

Buku setebal 112 halaman ini juga diselipkan foto-foto cantik makanan tersebut. Estimasi waktu mempersiapkan dan juga lamanya memasak di tampilkan juga sehingga memudahkan pembaca untuk memperkirakan waktu menyiapkannya hingga sampai tersaji di meja makan.

Makanan Vetnam cukup sehat karena mayoritas mereka menggunkaan bahan-bahan segar dan juga sayuran segar.Seperti Cabbage Salad with Chicken dan juga Braised Mushrooms with Soy Sauce. Atau ingin mencoba membuatyan berkuah hangat dan mengenyangkan seperti Beef Noodle Soup, Crab Soup with Tofu and Rice noodles, atau yang sedikit asam segar Clam Soup with Starfruit and Herbs pastinya jadi hidangan yang unik dan disukai keluarga di rumah.

Yang suka dengan hidangan laut, coba saja membuat Sweet and Sour Fish Soup yang rasanya asam-asam manis menyegarkan. Vietnamese Fish Stew yang sedikit pedas, atau mungkin Stuffed Squid, cumi besar yang diisi dengan tumisan daging dan juga bihun, Marinated Grilled Squid yang enak dicocol dengan saus spesialnya, dan masih banyak lagi.

Hidangan bebek dan ayam masih menjadi favorit, sebut saja Braised Duck with Ginger, Banana Blossom Salad with Duck, Honey Roasted Chicken, yang gurih-gurih manis, atau Chicken Curry in Coconut Milk yang sedap!

Tak hanya hidangan utama saja, hidangan penutup yang manis dan mudah dibuat pun bisa Anda sajikan.Seperti Husband and Wife cakes, kue tradisional khas Vietnam yang berasal dari Hue ini disebut demikian karena kue ini terdiri dari dua jenis adonan yang dijadikan satu.

Bananas and Sago Pearls in Coconut Cream yang gurih manis paling nikmat disantap selagi dingin, Slush Ice Lychee in Coconut Milk yang langsung disukai anak Anda, atau untuk sajian arisan akhir pekan ini coba saja Pineapple Tartlets ataupun Quick Banana Coconut Cake. Kesemuanya tadi bisa Anda langsung praktekkan di rumah dengan bantuan buku ini.

Nah, tunggu apa lagi? Segera miliki buku ini sebagai panduan Anda menyajikan makanan eksotis dari negera Vietnam ini.

The Food of Vietnam
83 Easy to Follow Recipes from the Country Major Regions
Trieu Thi Choi and Marcel Isaak
Tersedia di toko Buku Periplus
Rp 160.000,00


(eka/Odi)