Yuk, Bikin Gemblong Ireng dan Cara Bikang!

- detikFood Kamis, 24 Sep 2009 16:29 WIB
Jakarta - Mumpung libur,tak ada salahnya mencoba masak masakan khas daerah di Indonesia. Mulai dari Pallu konro khas Makasar, ikan bumbu Bali, atau membuat gemblong ireng khas Cirebon semuanya bisa Anda buat dengan panduan buku ini. Ukuran dan cara membuatnya di beberkan lengkap untuk memudahakan Anda!

Selama lebaran menu bersantan seperti opor, rendang, sambal goreng ati mungkin bikin bosan. Tak ada salahnya mencoba jenis masakan khas suatu daerah di rumah sambil mengisi waktu liburan. Mencoba membuat masakan seperti arem-arem jagung, brongkos kacang merah khas Wonosobo mungkin bisa jadi menu menarik.

Atau kalau bosan dengan kue kering, aneka jajanan pasar seperti kue talam dan juga cara bikang pasti bisa jadi sajian yang menarik untuk keluarga di rumah. Melalui buku berjudul '1010 Resep Asli Masakan Indonesia', Anda diajak mengenal berbagai jenis masakan khas dari berbagai daerah di Indonesia dan menghadirkannya di meja makan Anda.

Coba saja Asem-asem khas Wonosobo, rasanya yang asam segar plus potongan sayur-sayuran seperti labu dan kol pasti bikin acara makan Anda jadi lebih segar. Atau kalau yang suka dengan gulai, coba saja gulai daun ubi tumbuk khas Tapanuli. Tanpa harus pergi jauh-jauh ke daerah asalnya, gulai ubi tumbuk pun bisa tersedia di meja makan Anda.

Anda pecinta sambal? Sambal jenggot, sambal gandaria, sambal tauge, sambal lado hijau, sambal kencur lalab ketimun dan masih banyak lagi jenis sambal lainnya bisa Anda coba untuk menemani acara makan Anda. Semuanya terangkum dalam buku setebal 548 halaman ini.

Atau ingin mencoba membuat camilan ringan untuk akhir pekan nanti seperti kue gemblong ireng khas Cirebon, Bolu Koja khas Sumatera Barat atau kue Bugis? Panganan tradisional yang biasanya kita jumpai di sentra oleh-oleh bisa kita buat sendiri di rumah loh!

Dessert dingin seperti puding jagung, puding pisang, puding singkong, dan juga puding puan(kopyor) pasti jadi sajian yang menarik untuk keluarga di rumah. Selain bahan-bahannya yang mudah di dapat, cara membuatnya juga mudah. Lebih dari 500 resep panganan dan jajanan tradisional bisa Anda temukan. Dan lebih dari 200 jenis hidangan sayur dan lauk pauk berkuah bisa Anda coba di rumah. Aneka minuman hangat dan dingin seprti wedang ronde, wedang tape, serbat kuweni, cendol jagung, dan juga sekoteng bisa Anda coba di rumah sebagai penghilang dahaga siang hari atau penghangat badan di malam hari.

Resep yang ditampilkan dalam buku ini sangat praktis meski tanpa diselipkan gambar-gambar dan mudah dimengerti untuk pemula sekalipun. Resep-resep ini cukup singkat namun mudah dimengerti. Nah, tunggu apalagi segera saja miliki buku praktis ini untuk menemani Anda bereksperimen di dapur!


1010 Resep Asli Masakan Indonesia
Tim tujuh Sembilan Tujuh
Dapat dibeli di seluruh toko buku Gramedia
Rp 128.000,00


(eka/Odi)