Kuliner Legendaris ala Nyonya Rumah

- detikFood Jumat, 04 Sep 2009 17:16 WIB
Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan kue bongko, jajanan tradisional yang sudah jarang ditemui? Atau ontbijtkoek, kue khas negeri kincir angin? Kalau bingung beli dimana, coba saja membuatnya di rumah dengan panduan buku ini. Tak hanya mengobati rindu, Anda pun makin mahir membuatnya!

Menyediakan camilan atau masakan untuk keluarga di rumah memang paling mengasyikkan. Selain harganya jauh lebih hemat, kebersihan juga terjamin. Kalau bingung ingin membuat apa untuk keluarga Anda, coba deh intip dari buku 'sakti' ini. Segala macam jenis masakan, mulai dari kuliner nusantara, hingga kuliner mancanegara yang memang sudah melegenda bisa dicoba.

Dan tidak hanya sebatas menu utama saja, mulai dari camilan ringan, kue-kue kering atau pun kue basah teman minum teh, hingga minuman segar dan juga aneka puding di paparkan jelas. Buku ini ditulis oleh seseorang yang sudah malang melintang di dunia kuliner Indonseia sejak tahun 1957.

Adalah Julie Sutarjana yang lebih dikenal dengan sebutan Nyonya Rumah ini,telah menelurkan buku-buku hasil kreasinya. Salah satunya 1200 Resep Masakan dan kue Legendaris. Resep-resep masakan Indonesia seprti brongkos daging, gerinting udang basah, podomoro, hingga sayur lemeng yang mengkin jarang kita temuui bisa Anda coba membuatnya di rumah.

Resep-resep sederhana yang bisa disajikan sehari-hari di rumah seprti opor, perkedel jagung, pepes ikan, gimbal udang, bisa dibuat langsung khususnya buat mereka yang baru pertama kali terjun ke dapur. Beragam sajian nasi khas Indonesia seperti nasi kuning untuk tumpeng, nasi uduk khas Betawi, nasitim ayam, nasi gudeg, nasi bogana semua nya tersaji dalam buku setebal 435 halaman.

Anda menggemari masakan Eropa seperti Aardappel Schotel alias skotel kentang? Atau mungkin Bitochki, perkedel dengan saus jamur khas Rusia? Hmm.. hanya dengan mengintip isi d dalam buku ini sekejap saja Anda pun bisa menyajikan masakan khas Eropa tadi.

Ifu Mie Cha, Mi panjang Umur, ayam fu yunghay, bakso tahu kukus, supkembang telur, adalah sederetan kuliner peranakan yang biasanya dicipi kalau sedang berkunjung ke resto yang menyajikan hidangan Chineese Food. Tapi kini Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bantuan buku pintar ini.

Atau bagi Anda yang senang sekali membuat kue-kue tradisional ataupun roti-roti kuno buku ini pastinya bisa jadi penuntun untuk Anda. Seperti membuat roti bluder, roti kuno yang sudah jarang ditemui saat ini. Atau prol nanas yang harum legit dan enak.

Klappertaart, cake manis legit asal manado yan berbahan dasar kelapa muda ini juga ada resepnya loh! Tak ketinggalan lapis legit yang membutuhkan kesabaran tinggi dalam membuatnya juga ada dalam buku ini. Aneka minuman, mulai dari yang hangat hingga minuman dingin bisa dicoba. Dessert lesat seperti puding Chocolate, Schuim Puding, atau puding kopi yang lezat bisa Anda praktekkan sebagai menu berbuka nanti. Nah, tunggu apalagi, segera miliki buku 'sakti' ini sebagai teman Anda di dapur!

Pusaka Kuliner Nyonya Rumah
1200 Resep Masakan dan Kue Legendaris
Julie Sutarjana
Dapat dibeli di seluruh toko buku Gramedia
Rp 155.000,00


(eka/Odi)