Bikin Cake Cokelat Itu Gampang!

- detikFood Kamis, 14 Mei 2009 17:00 WIB
Jakarta - Siapa bilang bikin aneka cake cokelat itu repot? Ternyata jika mengikuti petunjuk dengan cermat, memilih bahan dengan tepat, cake cokelat sekelas bakery juga bisa dibuat di dapur sendiri. Mau bikin brownies, chcocolate cheescake atau triple choco brule yang mengelus lidah? Semuanya bisa! Coba saja intip dari buku mungil ini!

Jika Anda suka membuat kue sendiri, buku mungil karangan Felicity Barnum-Bobb ini patut Anda koleksi. Buku yang berjudul '200 chocolate recipes' ini berisi hampir semua jenis cake cokelat populer. Jangan takut 'tersesat' karena semua informasi berkaitan dengan proses pembuatan cake cokelat juga seluk beluk cokelat dituturkan lengkap.

Di awali dengan keterangan singkat tentang takaran dan dilengkapi dengan info seputar cokelat. Apa saja jenis cokelat, apa saja ciri-cirinya dan bagaimana memperlakukan cokelat. Semuanya dikupas tuntas. Jika belum pernah melumerkan cokelat, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada di halaman 10. Info tentang tips memanggang dengan sukses berikut peralatan yang dibutuhkan, semuanya diturukan lengkap.

Ingin mempercantik cake dengan hiasan yang memikat seperti buatan bakery? Ikuti saja tips membuat hiasan pola marmer, melingkar, melengkung, semua detil hiasan dari cokelat dilengkapi dengan gambar yang jelas.

Buku terbitan Hamlyn setebal 240 halaman ini dilengkapi dengan foto-foto makanan yang cantik dan menggiurkan hasil jepretan David Munns. Ada 7 kategori cake, dessert dan semua yang makanan dari cokelat yang disajikan resep-resepnya.

Tinggal sebut saja jenis cake atau dessert apa yang Anda impikan. Dimulai dari yang praktis dan hanya perlu waktu 5 menit untuk mengolahnya. Dari saus cokelat yang legit pekat, chocolate pancake, chocolate popcorn dan hot toddy chocolate drink.

Bagi yang suka dessert dingin, ada resep populer yang bisa dibuat sendiri. Ada chocolate mousse, chocolate creme brule, rocky road, chocolate panacota dan double chocolate ice cream pie. Jika ingin membuat variasi, hampir di setiap resep diberikan saran-saran padu pada bahannya. Misalnya membuat chocolate berry brule dari resep chocolate creme brule. Atau membuat hiasan cantik untuk cake ulang tahun istimewa.

Ingin memanjakan si kecil dengan camilan cokelat yang enak? Di halaman 128 buku ini ada resep Chocolate Hazelnut Spread yang bisa dioleskan pada roti tawar atau cake. Ada juga Chocolate Muffin, Chewy Chocolate Brownies dan Chocolate Crispy Rings yang bisa dijadikan bekal buat si kecil.  Bukan  hanya dijamin enak tetapi juga lebih bersih dan hemat!

Jika ingin membuat truffle atau biskuit untuk bingkisan, ada beberapa resep yang bisa ditiru dari buku ini. Mau Chocolater Truffle, Rocky Road Cluster, atau Chocolate Logs yang gruih manis. Biskuit cokelat yang renyah dan manis juga bisa dibuat sendiri. Chocolate Kisses yang berlapis krim cokelat, Double Chocolate Cookies, Florentine,Biscotti yang keras-keras renyah hingga Gluten Free Chocolate Cookies yang bisa diberikan sebagai bingkisan untuk penderita autisme.

Bagaimana? Sudah siap mengasah ketrampilan mengolah cokelat menjadi aneka sajian yang memikat? Segera saja dapatkan buku mungil ini di toko buku terdekat.

Hamlyn all colour cookbook
200 chocolate recipes
Felicity Barnum-Bobb

Octopus Publishing Group 2008
Bisa diperoleh di toko buku besar
Harga Rp. 110.000,00

(eka/Odi)