Tanpa Diet Berat Badan Bisa Turun!

- detikFood Jumat, 17 Apr 2009 17:40 WIB
Jakarta - Ya, tanpa melakukan program diet berat badan juga bisa turun. Lewat buku yang memberi petunjuk cerdas memilih makanan ini Anda bisa mengurangi asupan kalori dan lemak. Mulai dari camilan, es krim sampai dengan menu komplet. Apa rahasianya dan bagaimana caranya? Simak info berikut ini!

Buku mungil bersampul mencolok ini berjudul Supermarket Survival Guide, 'Eat This Not That' sedang menjadi bahan pembicaraan hangat di Amerika. Penulisnya, David Zincenko, Editor-in-chief majalah Men's Health bersama Matt Goulding, food and nutrition editor majalah yang sama, memberi wawasan baru dalam pemilihan bahan makanan.

Dibuka dengan pengantar yang membeberkan soal berat badan, penulis ingin mengajak pembaca memahami peran makanan dalam pengelolaan berat badan. Berat badan bukan harga mati! Ternyata keadaan lingkungan ikut berperan aktif dalam penentuan pilihan makanan. Iklan produk makanan, harga diskon dan acara cicip gratis hampir tiap hari menggempur konsumen.

Bukan hanya makanan siap santap, bahan makanan juga sudah mengalami banyak perubahan. Dari hasil riset di Amerika terbukti bahwa sayuran dan buah segar ternyata tak sesehat dulu. Dmeikian juga dnegan daging ayam yang ternyata sekarang memiliki 266 % lemak lebih banyak dari pada di tahun 1971. Karena buku panduan ini memberi arahan agar pembaca lebih santai, bisa menurunkan berat badan tanpa diet dan membentuk tubuh lebih indah.

Bagaimana caranya? Di awal bab pembaca dibekali informasi komplet soal supermarket, tempat belanja sehari-hari.  Muali dari sudut-sudut tempat memajang produk sehat, besarnya kemasan, membaca label sampai daftar belanja. Tak ketinggalan 11 rahasia yang disembunyikan produsen makanan dari konsumen. Dari pemakaian bahan aditif hingga pencantuman label nutrisi pada kemasan.

Ada 20 jenis makanan kemasan yang terburuk di Amerika dan menjadi favorit dibeberkan secara komplet jumlah kalorinya.  Salah satunya adalah Stonydield Farm Whole Milk Chocolate Underground yang terlalu banyak mengandung gula. Selain itu kandungan kalorinya juga tinggi, sekitar 220 kalori dengan 5 g lemak. Jika ingin makanan sejenis ada baiknya Anda memilih Breyer's Cookies n'Cream YoCrunch Lowfat with Oreo Pieces yang kadar kalori dan lemaknya jauh lebih rendah.

Siasat untuk mengkonsumsi makanan sehat terutama buah dan sayuran juga diungkap. Kandungan nutrisi berbagai jenis sayuran dan buah segar dan cara memilih bahan sehat dari salad bar juga diungkapkan dengan gambar dan diagram yang jelas. Tak ketinggalan info produk organik dan tips mengajarkan si kecil suka sayuran juga dibeberkan secara detil.

Lemari es yang menjadi tempat menyimpan makanan di rumah yang sangat penting. Semua produk yang biasa disimpan dalam lemari es ini dibahas lengkap berikut contoh produk-produk sehat yang sebaiknya ada di lemari es Anda. {roduk daging olahan, susu, keju hingga yoghurt dan es krim.

Buat Anda yang sering membeli daging atau keju dalam kemasan, sebaiknya perhatikan baik-baik informasi yang diberikan buku ini. Jangan sampai niat awal Anda hidup lebih sehat ternyata justru menjerumuskan Anda dengan kalori dan lemak yang berlebih. Tak ada salahnya juga melihat komposisi yang ada di belakang kemasan. Anda akan mengetahui berapa kandungan karbohidrat, lemak, serat, atau protein dalam satu kemasan. Matrik daging dan data protein hewani dan nabati dengan gambar yang jelas dan menarik melengkapi pemahaman tentang protein.

Jika Anda pecinta es krim, sebaiknya mulai pintar-pintar memilih produk es krim apa yang baik dikonsumsi. Edy's Slow Churned atau Breyuers Creamy Chocolate adalah salah satu jenis yang baik dikonsumsi karena jumlah kalorinya masih lebih rendah dibandingkan yang lain.

Isi lemari dapur dan lemari makan juga dibedah habis. Jenis-jenis roti apa yang sebaiknya dikonsumsi dan apa yang harus dihindari. Misalnya, konsumsi Home Pride Butter Top Wheat Bread, per 2 lembar mengandung 140  kalori, 2 g lemak dan 2 g serat sebaiknya diganti dengan Peperidge Farm Very Thin White yang per 2 lembar mengandung 80 kalori, o,5 g lemak dan kurang dari 1 g serat.

Yang menarik dari buku setebal 319 halaman ini  diselipkannya juga tips cara-cara belanja sehingga dapat menghemat pengeluaran Anda. Tak cuma itu saja, resep-resep praktis dengan menggunakan bahan-bahan yang dijual di supermarket yang tentunya yang disarankan di buku ini di jelaskan lengkap untuk Anda. Seperti membuat spaghetti, lasagna, burger, pancake, steak,dan lain-lain. Tak ketinggalan berapa jumlah uang yang harus Anda siapkan dalam membuatnya.

Tapi jika ingin yang lebih komplet, seperti Rotisserie Chicken with Vegetables yang sangat pas untuk menu makan malam di hari minggu, atau mungkin Chicken Portobello Wrap with Balasmic Aioli sebagai menu makan siang Anda. Menu makan siang dan makan malam selama seminggu bisa Anda intip di halaman 301 buku praktis ini.

Meskipun buku ini lebih ditujukan pada masyarakat Amerika, namun info dan trik memilih makanan dengan cermat bisa Anda pelajari sebagai penambah wawasan Anda dalam mengatur makanan sehat. Setidaknya lebih berhati-hati dalam memilih karena beberapa merk makanan Amerika juga mulai hadir di Indonesia.

Eat This Not That
David Zinczenko with Matt Goulding
Penerbit : Rodale Inc., 2009
Dapat ditemui di seluruh toko buku Periplus
Rp. 260.000,00


(eka/Odi)