Yuk, Belajar Masak Hidangan Vegetarir Cina!

- detikFood Jumat, 27 Feb 2009 16:57 WIB
Jakarta - Anda seorang vegetarian? Bosan dengan makanan yang itu-itu saja? Coba saja masakan yang disajikan dalam buku mungil ini. Sajian masakan dengan citarasa dari negeri tirai bambu ini sayang untuk dilewatkan. Coba deh!

Sebagai seorang vegetarian, mungkin sedikit sekali varian makanan yang bisa Anda konsumsi. Bahkan mungkin sudah bosan dengan sayuran yang hanya bisa ditumis atau dilalap saja. Nah, buku ini akan membantu Anda untuk bisa lebih bervariasi menyajikan makanan khusus untuk vegetarian dengan sentuhan bumbu khas negeri tirai bambu.

Buku mungil ini memang diracang khusus bagi pemula sehingga dilengkapi dengan info dasar yang penting. Bumbu dasar dari Cina yang terlihat biasa, dipaparkan secara lengkap beserta gambarnya pada halaman kedua buku ini. Seperti Bamboo Shoots alias rebung, Rice Wine atau arak masak , Sichuan pepper-salt powder, wood ear fungus atau yang lebih dikenal dengan sebutan jamur kuping, dan masih banyak lagi.

Sebagai menu pembuka, aneka salad dengan dressing yang menyehatkan ala Cina bisa jadi pilihan. Seperti Chinese Eggplant Salad yang asam-asam pedas, Tangy Okra Salad, Lotus Root and Vegetable Salad with Chinese Dressing yang jikalau akar lotus sulit ditemukan bisa digantikan dengan Jicama atau dikenal dengan bangkuang.

Atau ingin pembuka yang hangat berkuah, Cooling Medicinal Soup sangat pas untuk Anda yang dalam kondisi kurang fit atau sedang ingin merilekskan tubuh. Nourishing Vegetable and Tofu Soup yang berbahan dasar Black moss fungus atau dikenal dengan istilah 'angel hair'  atau jamur rambut ini ternyata bisa menjadi tonik makanan yang baik untuk kesehatan rambut Anda loh!

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu, resep-resep ini pun bisa dipraktekkan langsung hanya dengan waktu beberapa menit saja. Seperti Spinach, Mushroom and Tofu Soup dapat disajikan kurang lebih 20 menit saja. Anda yang senang dengan aneka olahan bihun dan mi, resep-resep dalam buku ini akan menambah pengetahuan Anda dalam mengolahnya.

Seperti Vegetarian Fried Beehoon, Noodles with Chili and Sesame Sauce, Noodles with Sesame and Garlic. Kalau ingin olahan sayur yang lebih bervariasi, coba saja Stir-fried Vegetables with Black Chinese Mushrooms, atau Water Spinach with Black Bean Sauce.

Buku setebal 64 halaman ini sangat sederhana dan mudah untuk dicoba bahkan bagi Anda yang masih baru belajar masak. Dengan keterangan yang lengkap pada setiap resepnya sehingga memudahkan Anda mencari bahan pengganti jika sulit menemukan bahan utamanya. Yang bosan dengan nasi goreng, coba deh menu nasi yang dimasak bersama dengan kedelai Healthy Chinese Rice and Soybeans atau Stir-fried Vegetarian Brown Rice. Hmm..pastinya memberikan sajian yang berbeda dari biasanya.

Tak hanya sebatas menu pembuka dan menu utama saja, tapi juga menu penutup yang pastinya sayang kalau dilewatkan. Sweet Green Lentil Soup alias bubur kacang hijau yang lezat dan sehat, Sweet Pumpkin and Lotus Seed Soup, atau Sweet Red Date Soup with Lotus Seeds. Konon katanya sup ini sangat baik bagi penderita tekanan darah tinggi, insomnia, dan yang kekurangan daya tahan tubuh.

Nah, jika Anda sudah menjadi vegetarir, dan belum trlalu trampil memasak, buku mungil ini perlu Anda miliki sebagai panduan praktis.

Chinese Vegetarian Cooking
Periplus Mini Cookbooks
Daniel Ried
Tersedia diseluruh toko buku Periplus
Rp 46.000,00
(eka/Odi)