Rahasia Tubuh Langsing dan Sehat

- detikFood
Rabu, 28 Jan 2009 16:41 WIB
Jakarta - Anda bermasalah dengan pencernaan? Atau Anda ingin menurunkan berat badan tapi dengan cara yang sehat? Mengatur pola makan agar hidup lebih sehat, secara tidak langsung dapat membantu pencernaan Anda menjadi lebih baik juga. Simak info lengkapnya disini!

Food Combining, mungkin Anda sering sekali mendengar istilah ini. Tren yang sedang melanda masyarakat belakangan ini bukanlah cara cepat menurunkan berat badan, tapi merupakan pola makan sehat yang alami yang sesuai dengan fungsi tubuh, khususnya pencernaan.

Makanan nya tidak harus selalu mahal, tapi bagaimana cara mengolahnya agar lebih sehat. Buku yang ditulis oleh seoarng pakar kuliner sehat, Wied Harry Apriadji ini akan menerangkan kepada Anda bagaimana menyiapkan menu sehat dan seimbang.

Mulai dari menghidangkan buah-buahan, sayuran, protein, kudapan bahkan sampai jamu agar tetap enak untuk dikonsumsi. Food combining tidak hanya baik untuk pencernaan, tapi juga membuat kita lebh berenergi, dan mengurangi gangguan kesehatan, selain itu juga dapat membuat kulit dan rambut jauh lebih sehat.

Selain itu, di dalam buku ini juga diberitahukan cara menerapkan food combining agar mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti diberitahukan siklus alami sistem pencernaan, dan juga tips singkat dan praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menyiapkan menu makan dan kudapan pagi yang baik sehingga menghasilkan energi untuk memompa aktivitas Anda.

Tidak hanya kudapan pagi, untuk makan siang bahkan untuk menemani minum teh di sore hari pun dipaparkan secara lengkap. Ketika menjelang tidur tubuh yang lelah seharian beraktivitas juga butuh relaksasi. Aneka minuman yang bersifat menenangkan juga diberitahukan disini.

Pada halaman 16 dan 17 buku praktis ini tersaji tabel jadwal hidangan sehari-hari yang memandu kita lebih disiplin mengatur makan selama dua minggu berturut-turut dari paagi hingga menjelang tidur.

Kalau bosan dengan sajian buah yang itu-itu saja bisa ikuti resep praktis dan singkat dalam buku ini. Sebut saja Salad Buah Saus Strawberry, atau mungkin koktail buah. Kesegaran semua jenis buah dapat dinikmati dalam satu kali penyajian. Ingin mencoba jus buah yang sedikit pekat atau biasa disebut dengan smothie bisa mencoba Smothie Pisang-Nanas tabur Kenari, Lassi anggur, jus buah anggur yang dicampur dengan yoghurt tawar juga menyegarkan.

Kalau biasanya urap terkenal dengan isian sayuran, beda dengan urap yagn satu ini. Urap Buah Aroma Limau, dapat Anda temukan di halaman 27. Anda yang tidak menykai sayuran, mungkin resep singkat dalam buku ini dapat embantu mengatasi masalah Anda. Kangkung bumbu terasi yang harum menggoda pasti bisa menjadi teman santap siang yang menyehatkan.

Ingin yang sedikit segar, bisa mencoba Sayur Bening Kemangi yang harum dan tentu saja sehat. Atau bisa mencoba Salad Birma,  potongan apel merah, tomat merah, mentimun hijau, selada merah, yang disiram dengan saus yang asam-asam segar bisa jadi kudapan ringan yang sehat.

Untuk Anda yang memang penggiila mi, tak perlu khawatir, karena disini juga tersedia beberapa resep yang menghadirkan mi sebagai bahan utamanya. Sebut saja Spagetti Tumis Rawit yang gurih-gurih pedas. Atau ingin yang lebih sehat bisa mencoba Mi Kuah Kangkung.

Aneka olahan nasi yang menggugah selera bersantap Anda bisa diintip di buku setebal 106 halaman ini. Nasi Mutiara yang banyak menggunakan sayuran ini hampir mirip dengan risotto. Ubi yang kadang dilihat sebelah mata, ternyata mampu menjadi masakan yang lezat, seperti Nasi Ubi.

Kudapan ringan seperti Muffin Singkong, Cake singkong dan Puding Ubi Merah bisa jadi teman sore hari Anda. Selain mudah dibuat, bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Samosa ekspres, Kroket Tahu,  Bakso Tahu Kuah juga bisa dihidangkan saat berkumpul dengan keluarga tercinta.

Nah, kalau sudah berniat untuk hidup lebih sehat di tahun 2009 ini tunggu apalagi? Segera saja miliki buku praktis ini!

Resep Sedap Hidangan Sehari-Hari
Food Combining Makan Enak Untuk Langsing dan Sehat
Wied HArry Apriadji
Rp 55.000,00
Tersedia di Seluruh Toko Buku Gramedia

(eka/Odi)