Yuk, Belajar Masak Masakan Thailand

- detikFood Kamis, 09 Okt 2008 15:25 WIB
Jakarta - Bosan dengan masakan yang itu-itu saja sehabis Lebaran? Ingin mencoba menu baru sambil mengasah kemampuan memasak Anda? Buku mungil ini mungkin bisa menjadi pemandu Anda, apalagi jika ingin membuat menu yang sedikit berbeda.

Makanan Thailand kini sudah mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang hampir serupa dengan masakan Indonesia, proses memasaknya pun cukup mudah. Bahkan saat ini sudah banyak bertebaran buku-buku yang memandu Anda untuk dapat menyajikan masakan Thai seperti aslinya.

Seperti yang ditampilkan dalam buku terbitan Periplus yang berjudul Thai Noodles & Snacks. Dalam buku praktis ini tersaji berbagai sajian dengan berbahan dasar mi serta beberapa kudapan ringan yang bisa Anda sajikan untuk menemani sore Anda.

Halaman pertama buku ini dibuka dengan beberapa resep salad, juice dan juga saus yang akan sering dijumpai pada setiap masakan Thailand. Seperti Nam jim (Sweet and Hot Plum Sauce), Ajaad, salad mentimun, Miang Kham Sauce, dan juga Nam Prik Kang Phet.

Anda penggila mi dan senang mencoba resep-resep terbaru seputar mie? Anda patut mencoba Kuay Tiaw Gai, atau Chicken Noodle Soup. Kanom jeen Sounnam atau salad mi dengan taburan nanas juga bisa Anda coba. Hampir semua mi yang coba disajikan di dalam resep ini berbahan dasar tepung beras. Jadi sangat aman bagi Anda yang alergi dengan olahan yang berasal dari tepung terigu.

Tak hanya resep memasak mi ala Thai yang diberikan, tapi juga saus apa yang sesuai dengan jenis masakannya pun dihadirkan disini. Seperti Kuay Tiaw Pad Thai, mi khas Thailand yang tersaji dengan saus Pad Thainya.

Buku setebal 64 halaman ini juga memberikan tips mempersiapkan bahan-bahan dan waktu memasak sehingga Anda bisa mempersiapkannya jika sedang mengundang tamu untuk makan di rumah.

Kudapan-kudapan ringan untuk menemani sore ternyata juga tak sulit dibuat. Mulai dari Po Piah Todd, sejenis lumpia goreng dengan isian yang komplet seperti ayam dan berbagai jenis sayuran. Sausnya yang pedas dengan semburat manis pun tak ketinggalan.

Tod Man Khao Pote, makanan ringan ini hampir mirip dengan bakwan jagung. Rasanya yang gurih lezat bisa dinikmati begitu saja atau dengan cocolan sambal atau dengan nasi putih hangat.

Buku ini juga dilengkapi dengan foto-foto yang menarik hasil jepretan Edmond Ho, yang dijamin membuat Anda tak sabar untuk segera mencoba membuatnya. Meskipun ditulis dalam bahasa Inggris tetapi pilihan kata-katanya sangat mudah dimengerti sehingga Anda tidak akan menemukan kesulitan dalam membuatnya.

Thai Noodles & Snacks
Published by Periplus
Tersedia di semua toko buku Periplus
Rp. 37.000,00,-
(eka/Odi)