The Lobby Di The Pen

- detikFood Kamis, 03 Nov 2011 13:41 WIB
Hong Kong - Menikmati afternoon tea di salah satu hotel tertua di Hong Kong ini memang sangat menyenangkan. Tak heran tempat ini sangat populer di kalangan warga lokal maupun turis asing. Kehadiran sandwich-sandwich mini, petit four, dan quiche mini dalam piring-piring bertingkat menambah sempurna acara ngeteh kali ini.

Kali ini, saya mau cerita tentang acara minum teh sore hari yang tersedia di lobby Hotel The Peninsula, Hong Kong. The Lobby memang sudah sangat popular dari jaman dahulu. Salah satu kenalan baik keluarga saya ketika mengajak istrinya kesini di akhir tahun 70-an pernah bertemu dengan Imelda Marcos ditemani rombongannya untuk minum teh di tempat ini juga.

Hotel Peninsula, biasa dikenal sebagai The Pen, salah satu hotel tertua di Hong Kong. Hotel ini beroperasi pertama kalinya di tahun 1928. Dekorasi tempat ini masih dipertahankan sejak dari awal pembukaan hotel. Ada aturan nge-teh di The Lobby. Para pengunjungnya dilarang mengenakan singlet, sandal jepit, dan celana pendek. Jadi sambil nge-teh bisa cuci mata juga. Tempat ini popular baik untuk orang lokal juga untuk orang asing dan turis.

Hari itu, saya dan keluarga menunggu lama sekali untuk meja karena saya dan keluarga datang dalam grup yang agak besar. Pengunjung-pengunjung yang lain datang hanya berdua atau berempat sehingga bisa mendapatkan meja lebih cepat dari kami. Di tempat ini, untuk hari-hari biasa, tidak menerima reservasi. Afternoon tea-nya mulai dari jam dua siang sampai jam tujuh malam. Minumannya bukan saja teh, tapi bisa memilih minuman jenis lain. Dingin atau panas juga.

Di sini kita bisa memesan ala-carte atau set yang disajikan dalam nampan bertingkat tiga yang terbuat dari perak. Set menu minum teh di sini terdiri dari scone dengan mentega yang super lembut membelai lidah dan selai strawberry yang manisnya pas. Buah strawberrynya terasa sekali. Resep scone-nya masih dipertahankan memakai resep yang sama dari jaman dahulu. Selain itu, ada sandwich-sandwich mini, petit four, dan quiche mini. Peranti makannya buatan Tiffany and Co, loh!

Terus terang, kualitas scone-nya, sih, biasa-biasa saja walaupun kismis di dalam scone banyak (saya suka kismis. Hehehe). Petit four yang disajikan memang enak. Raspberry macaron-nya bukan saja terlihat menggiurkan, tapi rasanya juga sangat enak. Begitu disentuh, terasa sekali permukaan macaron ini. Teksturnya begitu halus sekali dan chewy di bagian tengahnya. Raspberry compote-nya juga pas manisnya. Sempurna!

Sandwich-sandwich-nya juga lumayan enak, terutama yang isinya timun. Yang lain isinya ham dan salmon. Bagian luar roti tawar yang dipakai untuk sandwich sudah dibuang. Jadi, bagi mereka yang tidak menyukai bagian luar/pinggir roti tawar tidak usah pusing-pusing menyantap sandwich ini.

Chocolate confections-nya juga terasa sekali coklatnya. Sekali lagi buat orang yang tidak terlalu suka manis menggigit, manisnya sajian yang menemani acara minum teh sore hari di sini, manisnya pas. Cheese cake-nya lembut dan pas dipadukan dengan lemon sorbet. Remah kue kering yang menyertai lemon sorbet menambah enak cheese cake ini untuk disantap.

Hari itu, saya memilih Peninsula tea blend. Tehnya bukan teh instan celup, tapi betulan diseduh dari poci dan dihidangkan dengan dua poci. Satu poci isi daun teh yang sudah diseduh air panas dan satu poci lagi berisi air panas. Sehingga, jika air teh di poci tinggal sedikit, kita bisa menambahkan air panas ke dalamnya.

Saya suka sekali rasa Peninsula blend. Sedangkan suami dan anggota-anggota keluarga saya memesan kopi dan turunannya (mocha, dan lainnya). Anak-anak saya juga memesan es krim coklat. Lumayan, deh, menunggu hujan badai berhenti sambil minum teh dan kopi disini ditemani musik klasik live. Kursi-kursinya juga sangat nyaman diduduki.

Pas kami selesai menikmati semua, hujan juga sudah jauh mereda. Kamipun kembali meneruskan acara kumpul-kumpul kami. Kalau sedang mengunjungi Hong Kong dan kaki sudah pegal, patut mencoba ngadem di The Lobby at The Pen sambil menikmati acara minum teh sore hari plus cuci mata.

The Lobby @ the Peninsula Hotel
Salisbury Road, Tsim Sha Tsui
Hong Kong
Tel +852 2920 2888


(dev/Odi)
Load Komentar ...