Camus Coffee Telah Hadir di Indonesia

- detikFood Rabu, 16 Jul 2008 13:50 WIB
Jakarta - Siapa bilang kopi Indonesia tidak berkualitas, buktinya Camus, brand asal Perancis yang terkenal akan produk cognac premium di dunia memilih kopi Toraja sebagai varian produk terbarunya. Di bawah bendera Camus, kini kopi Toraja siap untuk go international.

Senin, 14 July 2008, betepatan dengan ulang tahun negera Perancis, Camus sebuah brand asal Perancis yang telah lima generasi berkecimpung di bidang cognac melakukan launching Camus Coffee. Bertempat di Shy Café, The Pappilon Kemang yang juga sekaligus menjadi café pertama di Jakarta yang menjual produk ini.

Launching Camus Coffee di Jakarta ini terasa istimewa. Selain Mr. Cyril Camus yang merupakan penerus generasi kelima dari CAMUS family turut hadir, Jakarta juga terpilih sebagai negara pertama untuk peluncuran produk ini.

Tak hanya sendiri, Camus juga berkolaborasi dengan dua perusahaan Indonesia berskala internasional seperti PT. JJ Multi Utama Indonesia selaku produsen kopi dan PT. Andalan Pesik Internasional yang akan bertindak selaku distributor yang dipercaya untuk pemasaran produk Camus Coffee di Indonesia. Uniknya ketiganya merupakan perusahaan keluarga yang sukses.

Menurut Mr. Cyril Camus alasan dirinya memilih kopi adalah karena kopi memiliki ‘after-dinner experience’ yang sama dengan cognac. Menurut tradisi di negaranya cognac diminum pada akhir jamuan makan bersama dengan keluarga atau teman, begitu juga kopi yang menjadi minuman penutup tiap jamuan.

Kopi Arabica dan Robusta asal Tana Toraja dipilih sebagai produk yang layak menyandang nama Camus bukan tanpa alasan. Proses pemetikan, pengolahan biji kopi hingga jaringan keluarga yang menanamnya memiliki kesamaan dengan kebun anggur di Cognac yang menjadi bahan utama Camus Cognac.

“Banyak kopi di dunia yang memiliki kualitas bagus, namun kopi Toraja selain kualitasnya juga memiliki nilai-nilai yang ternyata sama dengan yang dimiliki Camus seperti tanah, cuaca, dan tradisi dibaliknya,” ujar Mr. Camus ketika ditanya mengenai alasan sesungguhnya memilih kopi Toraja.

Louisa Halim selaku Direktur PT. JJ Multi Utama Indonesia juga menambahkan, “Camus Coffee” ini memang berasal dari kualitas terbaik, karena dipetik memakai tangan dan menggunakan biji kopi yang sama besarnya. Indonesia boleh berbangga karena kini kopi Toraja akan makin dikenal secara Internasional lewat Camus.”

Tak hanya sekedar memperkenalkan Camus Toraja Coffee, para rekan media pun diberi kesempatan istimewa untuk melakukan coffee cupping dan tentu saja mencicipi Camus Coffee, espresso dan coffee late yang diracik langsung oleh Mr. Camus.

“Kami telah mengembangkan strategi marketing untuk memperkuat posisi produk Camus Coffee. Seperti bekerja sama dengan restoran-restoran fine dining, duty free shop dan membuat gift set. Kelak akan dibuka café untuk memperkenalkan Camus Experience dimana seluruh brand Camus seperti cognac dan kopi dapat dinikmati di café ini,” jelas Rocky Pesik selaku Direktur PT. Andalan Pesik Internasional ketika ditanya soal pendistribusian dari Camus Coffee agar dapat dinikmati oleh penikmat kopi di Indonesia.
(dev/Odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com