Bos D'Penyetz Bagikan Tips Sukses di KraftHeinz Foodservice Institute

ADVERTISEMENT

Bos D'Penyetz Bagikan Tips Sukses di KraftHeinz Foodservice Institute

Sukma Nur Fitriana - detikFood
Jumat, 18 Nov 2022 22:22 WIB
Founder dari D’Penyetz Group Edy Ongkowijaya
Foto: Kraft Heinz Food Service
Jakarta -

Saat ini sektor kuliner menjadi salah satu lini bisnis yang menjanjikan. Namun, untuk mendulang cuan dan kesuksesan diperlukan strategi khusus agar bisnis kuliner bisa berkembang dan tidak mendatangkan kerugian.

Founder dari D'Penyetz Group Edy Ongkowijaya berbagi tips terkait strategi dalam memulai hingga mengembangkan bisnis kuliner. Hal itu disampaikannya dalam webinar Kembangkan Bisnis Kulinermu Volume 2 yang digelar KraftHeinz Foodservice Indonesia bersama detikcom September lalu.

1. Passion atau Keinginan yang Kuat

Jangan lupakan passion. Banyak orang yang mencoba bisnis karena sekedar ingin mendapatkan uang tanpa menyadari kalau dirinya tidak memiliki passion. Padahal, passion menjadi menjadi satu hal yang penting, karena hal ini berperan dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Eddy sendiri mengaku dirinya mengawali membuat usaha D'penyetz karena dirinya merasa memiliki passion untuk melakukan suatu hal bisnis. Hal tersebut kemudian semakin didorong oleh rasa keinginannya yang merindukan makan ayam goreng lengkap dengan tahu dan tempe di Singapura.

Passion dan dorongan rasa inginnya tersebut akhirnya mengantarkan Eddy untuk membuka D'penyetz yang hingga kini berhasil memiliki cabang di beberapa negara di luar Indonesia.

"Saya menemukan passion bahwa saya bukan orang kantoran, gitu loh. Karena saya suka service life," kata Eddy.

Sebelum menyadari dirinya memiliki passion dalam hal tersebut, Eddy juga melakoni tukang cuci piring, dan seorang pelayan di Singapura.

2. Cari Modal dan Pendanaan

Modal dan masalah pendanaan memang tidak bisa dilepaskan dalam membangun sebuah usaha. Eddy membagikan cerita mengenai dirinya yang mendapatkan modal dan pendanaan usaha dari seorang teman atau relasi pada awal membangun D'penyetz.

Meskipun demikian, untuk mendapatkan modal dari teman atau relasi diperlukan ide dan persiapan bisnis yang matang. Menurut Eddy, sebelum mencari modal dan pendanaan, pastikan bisnis usaha yang akan dijalankan sudah memiliki perencanaan yang baik.

3. Terus Belajar dan Just Do It

Sebelum berhasil, seorang pengusaha pasti akan menemukan berbagai tantangan . Hal tersebut juga terjadi pada Eddy. Sebelum D'penyetz sukses, Eddy diketahui memilih untuk menjalankan sebuah franchise dan juga bergabung dengan rekannya. Namun, pada akhirnya Eddy memilih untuk menjalankan bisnisnya sendiri.

Setelah itu, Eddy belajar untuk atur strategi dan merencanakan konsep bisnis yang matang. Dalam menjalankan bisnisnya, Eddy memilih untuk belajar dari sebuah kegagalan dan just do it.

4. Bangun Persona Owner yang Baik

Menurut Eddy, profil dari owner atau pemilik usaha yang baik bisa menentukan keberhasilan bisnis yang sedang digeluti. Pasalnya, dengan memiliki persona dan latar belakang yang baik, orang-orang baik para pembeli atau yang akan menawarkan bisnis akan memiliki nilai lebih dan membuat rasa percaya tersendiri untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

Jadi, foodpreneurs, banyak tips berbisnis dibagikan saat Webinar Kembangkan Bisnis Kulinermu Volume 2 yang digelar KraftHeinz Foodservice Institute bersama detikcom September lalu. Ikuti tips tips lainnya di IG @kraftheinzfsid.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT