ADVERTISEMENT

Nostalgia! Mengenang Sosok Soekarno Lewat Omah Kenangan di Surabaya

Esti Widiyana - detikFood
Selasa, 30 Agu 2022 13:30 WIB
rumah makan omah kenangan milik keponakan Haryati, istri Soekarno
Foto: Esti Widiyana/detikJatim
Surabaya -

Di Surabaya ada rumah makan vintage yang punya konsep unik. Namanya Omah Kenangan yang menghadirkan kenangan Presiden Soekarno saat menikah dengan seorang perempuan Surabaya bernama Haryati.

Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Ir. Soekarno punya kaitan erat dengan Surabaya. Ia lahir dan mengenyam pendidikan di kota pahlawan. Selain itu, Soekarno juga pernah memiliki istri orang Surabaya bernama Haryati.

Haryati memiliki saudara bernama Suherlin yang memiliki rumah di Jalan Cipunegara, Surabaya. Kini rumah kakak Haryati itu 'disulap' sebagai rumah makan dengan nuansa vintage yang bikin banyak foodies tertarik.

Mampir ke sini, pengunjung juga bisa nostalgia mengenang sosok. Seperti halnya yang dirasakan tim detikjatim saat mampir ke Omah Kenangan.

Terlihat rumah makan ini begitu luas dan asri dengan tanaman di sekelilingnya. Pada pagar tersemat banner yang bertuliskan Aneka Menu Tetap: nasi pecel, nasi rawon, nasi campur bali. Serta: menu makanan ganti setiap hari.

rumah makan omah kenangan milik keponakan Haryati, istri SoekarnoSalah satu potret Soekarno di Omah Kenangan milik keponakan Haryati, istri Soekarno Foto: Esti Widiyana/detikJatim

Tempat makan berada di lantai dua. Sementara di lantai 1, Anda akan disambut dengan puluhan foto-foto lawas. Sebagian menampilkan potret Soekarno beserta Haryati. Ada juga potret Soekarno saat makan bersama kerabatnya.

Baca Juga: Cahaya Kota: Menyantap Menu Favorit Bung Karno di Resto Legendaris

Perabotan di lantai tersebut juga kental dengan nuansa 'jaman dulu'. Mulai dari kursi, meja, hingga hiasan rumah. Pengunjung pun akan 'terbius' dengan suasana lawas dari ruangan tersebut.

Di lantai 2, Omah Kenangan menyajikan makanan rumahan secara prasmanan. Makanan ini sudah 'dijejer' di depan pintu masuk.

Menunya bikin kangen rumah karena ada pecel, rawon, cah kangkung, asem-asem bandeng, telur Bali, semur, ayam suwir, cumi, kerang, sambal goreng, dan lain-lain. Pengunjung pun bebas memilih sesuai selera.

Untuk area makannya, bisa pilih di ruang tamu atau di balkon lantai 2 yang udaranya terbuka. Spot-spot ini cocok untuk bersantai.

Sang penjual sekaligus pemilik 'Omah Kenangan' adalah Eni Wisnu Whardhani (63). Dia merupakan keponakan Haryati, istri Soekarno. Menurut Eni, Haryati memang kerap berkunjung ke rumah dua lantai itu semasa hidupnya.

Balkon Lantai 2 Omah KenanganBalkon lantai 2 Omah Kenangan, salah satu spot bersantap dan santai. Foto: Esti Widiyana/detikJatim

Sebagian masyarakat mengenal Omah Kenangan sebagai rumah Haryati. Namun, Eni menggarisbawahi bahwa rumah tersebut bukan milik Haryati, melainkan milik saudara kandung Haryati.

"Rumah kakak haryati, namanya Suherlin. Bukan rumah Ibu Haryati. Foto-foto punya pribadi," kata Eni saat ditemui detikJatim, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Rumah Makan Langganan 7 Presiden Indonesia, Pernah Mampir?

Eni menceritakan bahwa dirinya memang telah berjualan makanan sejak dahulu, namun di tempat lain. Kemudian, dia berhenti karena mendapat pekerjaan lain. Sayangnya, pekerjaan itu tak bertahan lama karena terdampak pandemi.

Dia pun menjajal peruntungan dengan membuka usaha kuliner di rumahnya sejak Februari 2022 dan diberi nama Omah Kenangan. Beruntung, tempat makan ini viral di media sosial dan banyak dikunjungi pelanggan. Sebagian pengunjung juga mengabadikan gambar di rumah bernuansa vintage itu.

Omah Kenangan simpan kenangan Soekarno dan HaryatiOmah Kenangan simpan kenangan Soekarno dan Haryati Foto: Esti Widiyana/detikJatim

"Konsepnya memang makanan rumahan. Pelanggannya rata-rata rombongan keluarga," tutur Eni.

Eni mengatakan, banyak pengunjung penasaran dengan kisah Haryati dan Soekarno. Dirinya pun mengenal dan menceritakan sosok Haryati.

Siapa Hartati dan bagaimana ia akhirnya menikah dengan Soekarno? Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Berburu Kuliner di Surabaya Sekaligus Mengenal Haryati Istri Soekarno



Simak Video "Sensasi Berbeda Makan Camilan di Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT