ADVERTISEMENT

Sedapnya Docang Cirebon Ibu Wiwi Sudah Eksis Lebih dari 30 Tahun

Ony Syahroni - detikFood
Kamis, 11 Agu 2022 14:00 WIB
Docang khas Cirebon
Foto: Ony Syahroni/detikJabar
Cirebon -

Cirebon tak hanya punya nasi jamblang dan empal gentong, tapi juga docang yang belum banyak diketahui orang. Salah satu penjualnya, Ibu Wiwi yang sudah berjualan lebih dari 30 tahun!

Banyak kuliner di Cirebon menarik dicoba, mulai dari yang tradisional sampai yang kekinian. Docang dari kategori makanan tradisional adalah salah satunya.

Docang istimewa karena konon sudah ada sejak era Wali Songo. Hidangan ini terdiri dari potongan lontong, sayur-sayuran dan parutan kelapa. Semua bahan yang telah tercampur tadi kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran oncom.

Sayuran pada docang beragam jenisnya. Ada daun singkong, daun pepaya, dan tauge yang sebelumnya sudah direbus. Rasa docang makin istimewa dengan tambahan remasan kerupuk putih.

Baca Juga: Menelisik Sejarah Docang Kuliner Khas Cirebon

Orang Cirebon umumnya menikmati docang sebagai menu sarapan, tapi ada juga penjual yang menjajakannya pada siang hingga malam hari. Salah satunya Docang Wiwi.

Nama Wiwi diambil dari nama penjualnya, ibu Wiwi yang kini berusia 60 tahun. Ia sudah berjualan docang lebih dari 30 tahun.

Docang khas CirebonDocang khas Cirebon ditawarkan Docang Wiwi di Jalan Kesambi Raya. Foto: Ony Syahroni/detikJabar

"Jualan sih sudah sekitar 30 tahun. Dulu Ibu (Wiwi) yang jualan. Sekarang gantian jualannya. Saya jualan dari jam 6 pagi sampai sekitar jam 3 sore. Habis itu gantian Ibu yang jualan dari sore sampai malam," kata Nia (27), anak Ibu Wiwi saat berbincang dengan detikJabar di Kota Cirebon, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Mi Koclok, Kuliner Legendaris Berkuah Kental Khas Cirebon

Di tempat Ibu Wiwi, satu porsi docang dijual dengan harga Rp 12 ribu. Sementara jika ingin mendapat tambahan satu piring kerupuk, pelanggan cukup mengeluarkan uang Rp 5 ribu.

Lokasi Docang Wiwi mudah ditemukan yaitu di Jalan Kesambi Raya, Kota Cirebon, Jawa Barat. Jika dari Stasiun Prujakan, tempat penjual Docang ini hanya berjarak kurang dari 1 kilometer.

Jalan Kesambi Raya adalah salah satu kawasan wisata kuliner malam di Kota Cirebon. Selain penjual docang, di kawasan ini juga ada penjual beragam sajian kuliner lainnya. Seperti nasi kuning dan lain-lain.

Baca artikel selengkapnya DI SINI.

Baca Juga: Docang, Kuliner Khas Cirebon yang Konon Eksis di Era Wali Songo



Simak Video "Kulineran di Cirebon: Kepiting Saus Padang hingga Udang Bakar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT