Hukum Makan Daging Kurban Sendiri hingga Makan Nasi Padang Rp 8 Juta

ADVERTISEMENT

Berita Terpopuler

Hukum Makan Daging Kurban Sendiri hingga Makan Nasi Padang Rp 8 Juta

detikfood - detikFood
Senin, 11 Jul 2022 09:30 WIB
Hukum makan daging hewan kurban sendiri
Foto: iStock
Jakarta -

Mengonsumsi daging hasil hewan kurban sendiri ternyata ada hukumnya dalam Islam. Ada juga berita soal netizen makan nasi padang habiskan Rp 8 juta hingga pengalaman beli bubur dan kopi Rp 245 ribu.

Kurban adalah ibadah sunnah dalam Islam, namun bisa jadi wajib jika menjalaninya atas dasar nazar kepada Allah SWT. Jika memang nazar, maka potongan hewan kurban milik sendiri tidak boleh dikonsumsi. Sementara jika sunnah, hewan kurban boleh dimakan dengan ketentuan pembagian yang sudah ditetapkan.

Ada seorang netizen yang mengunggah struk makannya ke media sosial setelah makan di salah satu restoran nasi padang. Ternyata struk itu menunjukkan total tagihan Rp 8 juta! Hal ini lantas menarik perhatian banyak orang.

Seorang pelanggan merasa dirinya telah 'ditipu' oleh restoran karena membeli bubur dan kopi saja harus mengeluarkan uang Rp 245 ribu. Pelanggan kecewa karena harga itu seolah tidak sepadan dengan rasa bubur dan kopi yang biasa saja.

Berikut berita-berita terpopuler detikFood yang menarik perhatian pembaca, kemarin (10/7):

1. Hukum Mengonsumsi Daging Kurban Milik Sendiri

Hukum makan daging hewan kurban sendiriMengonsumsi hasil hewan kurban milik sendiri ternyata ada hukumnya dalam Islam. Foto: iStock

Hukum melaksanakan ibadah kurban adalah sunnah, tetapi jika seseorang telah melakukan nazar kepada Allah SWT, maka hukumnya menjadi wajib. Persoalan mengenai konsumsi daging kurban milik sendiri pun lantas berubah.

Ustadz Abdul Somad (UAS) mengatakan bahwa jika seseorang berkurban atas dasar nazar, maka dirinya tidak boleh makan daging kurban milik sendiri.

Sementara jika dilakukan sunnah, maka seseorang boleh memakan sebagian daging kurban sendiri, dan sebagian lainnya dibagikan kepada orang-orang sengsara dan fakir miskin.

Lebih lanjut Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan ada tiga ketentuan pembagian daging kurban antara lain ; 1/3 untuk orang yang berkurban, 1/3 untuk tetangga, kerabat dan keluarga dan 1/3 untuk fakir miskin.

Baca Juga : Begini Hukum Mengonsumsi Daging Hewan Kurban Milik Sendiri



Simak Video "Kreasi Warga Gunakan Kreneng Bambu untuk Bungkus Daging Kurban"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT