Absen 2 Tahun, Ubud Food Festival Kembali Digelar Akhir Pekan Ini

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 17:30 WIB
Absen 2 Tahun, Ubud Food Festival Kembali Digelar Akhir Pekan Ini
Foto: dok. Ubud Food Festival
Jakarta -

Setelah absen 2 tahun karena pandemi Ubud Food Festival kembali digelar di Ubud, Bali. Sejumlah chef dari dalam dan luar negeri memeriahkan festival ini.

Menjadi salah satu kebanggaan Indonesia, budaya kuliner sudah sepatutnya mendapatkan perhatian yang tinggi. Berbagai program untuk mempopulerkan kuliner Indonesia mudah untuk dikreasikan.

Salah satunya seperti acara Ubud Food Festival yang akan kembali digelar di tahun 2022 ini. Program yang sengaja dibentuk untuk menjaga kelestarian budaya kuliner Indonesia hingga mengembangkan nilai tambah produk kuliner Indonesia kini kembali hadir setelah terkepung oleh pandemi.

Founder Ubud Food Festival, Janet DeNeefe, mengungkapkan dirinya merasa begitu senang bisa kembali merancang sebuah program mengangkat budaya kuliner Indonesia. Tahun ini, Janet bahkan menggandeng beberapa chef muda dan pakar-pakar kuliner lain untuk berbagi pengetahuan tentang kuliner Indonesia.

Absen 2 Tahun, Ubud Food Festival Kembali Digelar Akhir Pekan IniMenggandeng chef muda dan Puteri Indonesia 2022, Ubud Food Festival kembali hadir setelah absen 2 tahun. Foto: dok. Ubud Food Festival

Seperti chef Melissa Palinkas dari restoran Young George, Australia, juga akan bergabung dalam acara ini. Menguasai teknik pengolahan makanan yang ramah lingkungan, chef Melissa akan membagikan tips dan trik khusus untuk meminimalisir limbah makanan.

Chef Melissa berharap kehadirannya pada Ubud Food Festival tahun 2022 ini dapat mengajak lebih banyak orang yang peduli akan lingkungan, terutama di Ubud dan Indonesia. Tidak hanya menggandeng chef dari luar negeri, chef lokal tentunya tidak akan absen dalam perhelatan ini.

Chef Fernando Sindu menyampaikan pendapat yang hampir serupa dengan Janet DeNeefe. Chef Fernando merasa sangat bahagia bahwa Ubud Food Festival akhirnya bisa dilaksanakan kembali. Kesempatan untuk produsen makanan lokal akan makin luas setelah pandemi.

Melihat perkembangan dunia kuliner Indonesia yang semakin pesat, chef Fernando optimis bahwa kuliner Indonesia akan terus meningkat. Chef Fernando memiliki harapan besar agar masyarakat lokal, terutama di kawasan Ubud, dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Absen 2 Tahun, Ubud Food Festival Kembali Digelar Akhir Pekan IniBelajar tentang budaya kuliner Indonesia bareng chef dan pakarnya akan dikemas lebih menyenangkan. Foto: dok. Ubud Food Festival

"Saya pikir sekarang banyak orang yang kreatif, terutama di Bali itu kreasi makanan lumayan banyak sekarang. Mereka mampu bertahan melawan pandemi sambil berkreasi menciptakan makanan-makanan yang baru," kata chef Fernando.

Tidak hanya pada chef dan pakar kuliner saja, Laksmi DeNeefe Suardana selaku Puteri Indonesia 2022 dan Miss Universe Indonesia 2022 juga berharap bahwa kuliner Indonesia bisa lebih bersaing melalui acara tersebut. Sebagai pecinta kuliner, Laksmi mengungkapkan rasa bangganya terhadap kuliner Indonesia.

"Saya sangat berharap ada peningkatan kualitas pada budaya kuliner Indonesia dan juga Bali bisa menjadi tempat yang tepat dan baik bagi penduduk lokal untuk mengembangkan kulinernya," ungkap Laksmi saat temu media Ubud food Festival 2022 di Kemang (22/6).

Acara Ubud Food Festival 2022 ini dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 24 hingga 26 Juni 2022. Berlokasi di Festival Hub @Taman Kuliner, Ubud, Bali. Beragam kegiatan yang menarik seperti cooking class, food for thought dan banyak masterclass yang sengaja dihadirkan untuk mengajak banyak orang tertarik mempelajari budaya kuliner Indonesia. Untuk info lengkap dan pemesanan tiket acara bisa dilakukan di www.ubudfoodfestival.com.



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)