Kenikmatan Lumpia Basah Ajiip Bikin Pelanggan Rela Antre Berjam-jam!

Rindy Nurjanah - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 15:00 WIB
Lumpia basah Ajiip yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Cimahi
Foto: Rindy Nurjanah/detikJabar
Cimahi -

Lumpia basah, jajanan khas Bandung ini bikin banyak orang ketagihan. Di Cimahi ada lumpia basah buatan Mang Esa yang jadi incaran. Pembeli rela antre berjam-jam!

Berbeda dengan lumpia khas Semarang yang digoreng hingga garing, lumpia basah khas Bandung memiliki tekstur empuk. Kulit lumpia ini diberi isian telur, tauge, dan topping lain yang ditumis bersama banyak bumbu.

Lumpia basah kemudian disajikan dengan alas daun pisang. Cara penyajiannya bisa berbeda. Pertama, ada yang membiarkan kulit lumpia terbuka dengan memperlihatkan isiannya. Kedua, lumpia basah tetap digulung layaknya lumpia goreng pada umumnya.

Mencari lumpia basah tidak sulit karena kini di banyak kota tersedia jajanan gurih ini. Salah satunya di Cimahi. Lumpia Basah Ajiip di Jalan Gatot Subroto begitu terkenal akan kelezatannya.

Esa Nurul Kurban atau yang lebih akrab disapa Mang Esa merupakan koki di balik sedapnya kwetiau dan lumpia basah Ajiip. Mang Esa mengaku sudah berjualan sejak tahun 2016.

Lumpia basah Ajiip yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, CimahiLumpia basah Ajiip yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Cimahi Foto: Rindy Nurjanah/detikJabar

Dirinya tak memungkiri usahanya itu memang identik dengan antrean hingga berjam-jam. Banyak pembeli yang memesan setiap harinya rela menunggu lama demi mencicipi lumpia basah buatannya.

"Pernah waktu itu, paling lama 4 jam tapi tetep nungguin aneh aku juga," ujar Mang Esa kepada detikJabar, Sabtu (14/5). "Sehari bisa habis lumpia 50 porsi dan kwetiau 110 porsi-an," lanjut Mang Esa.

Baca Juga: Di Stasiun Pondok Cina Ada Lumpia Basah hingga Street Food Korea Rp 10 Ribu!

Uniknya, kwetiau-lumpia basah Ajiip sebenarnya punya tujuh cabang di Kota Cimahi, tapi Mang Esa mengatakan kwetiau di Jalan Gatot Subroto ini berbeda dengan yang lainnya.

"Sebetulnya tidak ada bumbu rahasia semuanya sama, cuman kata orang-orang yang masaknya beda di sini mah," kata Mang Esa.

Hal itu dibuktikan oleh seorang pelanggan setia, Rita (23) yang sedang menunggu pesanannya. "Sebenarnya iseng beli liat dari Instagram, terus pas cobain beda dari yang lain," ucap Rita.

Jajanan Pilihan DetikFood di Stasiun Pondok Cina. Ada Serabi Solo, Street Food Korea, dan Lumpia Basah Rp 10 Ribuan.Proses pembuatan lumpia basah seperti yang terlihat di salah satu penjual di kawasan Stasiun Pondok Cina, Depok Foto: detikFood

"Waktu itu pernah nyobain di cabang Cijerah, tapi beda aja rasanya nggak kaya di sini," lanjutnya.

Begitupun diungkapkan seorang tenaga kesehatan Angga (24), bahkan menurutnya harus menambah pegawai agar tak terlalu mengantre.

"Rasanya enak di sini, beda aja rasanya. Kalo lewat sini suka beli dulu. Seharusnya nambah lagi pegawainya biar gak antre," kata Angga.

Untuk diketahui, kwetiau-lumpia basah Ajiip buka pukul 11.00 sampai 18.00. Bagi kalian yang ingin mencicipi jajanan kaki lima yang hits di Cimahi ini, harganya hanya Rp 10 Ribu per-porsi. Cobain yuk!

Baca Juga: Lezatnya Lumpia Basah Ajiip Cimahi Buat Pembeli Rela Antre Berjam-jam

(adr/adr)