ADVERTISEMENT

Kuliner Mudik

Lewat Bondowoso? Jangan Lupa Bawa Pulang 4 Oleh-oleh Tape Ini

Chuk Shatu Widarsha - detikFood
Kamis, 05 Mei 2022 15:30 WIB
Tape krispi Bondowoso
Foto: Chuk Shatu Widarsha
Bondowoso -

Mudik ke Bondowoso atau melintasi kabupaten di Jawa Timur ini? Jangan tinggalkan Bondowoso tanpa membawa pulang oleh-oleh tape. Ada 4 produk yang layak kamu coba.

Bondowoso terkenal sebagai penghasil tape berikut olahannya yang nikmat. Selain dikonsumsi sendiri, olahan tape khas Bondowoso ini patut dijadikan oleh-oleh, apalagi variannya beragam.

Tape Bondowoso memiliki cita rasa asam manis dengan tekstur empuk lembut yang puaskan selera. Mengenai olahannya, tape Bondowoso dijadikan pia tape hingga prol tape yang nikmat.

Ini 4 rekomendasi oleh-oleh tape khas Bondowoso:

1. Tape manis

Tape yang merupakan olahan fermentasi singkong ini sudah akrab untuk masyarakat di berbagai daerah Indonesia. Di Bondowoso, tapenya punya keistimewaan karena memiliki rasa manis yang khas. Teksturnya lembut dan kesat di lidah.

Selain tape singkong, ada juga tape ubi ungu yang menarik dicoba. Warnanya memikat selera karena ungu terang.

2. Pia tape

Pia Tape BondowosoPia tape, variasi olahan tape khas Bondowoso yang cocok buat oleh-oleh. Foto: Chuk Shatu Widarsha

Pia tape adalah tape yang dijadikan isian pia. Bagian kulit pianya gurih serta renyah, sementara dalamnya masih tetap terasa tape yang kental. Rasanya manis, legit, dan memiliki sedikit aroma asam.

Selain rasa original, pia tape juga hadir dalam rasa cokelat, keju, dan banyak lainnya. Kuliner khas Bondowoso ini cocok dijadikan oleh-oleh karena kemasannya rapi dan praktis untuk dibawa.

Baca Juga: Tape Bondowoso yang Kriuk Renyah dan Bikin Nagih!

3. Tape krispi

Tape krispi merupakan olahan tape kering yang renyah dengan nuansa rasa asam nikmat. Untuk membuatnya, tape yang sudah matang dikeringkan dengan suhu tertentu menggunakan vacuum frying selama beberapa jam. Sebagai pelengkap diberi variasi rasa sesuai selera. Produk ini tanpa bahan pengawet. Terakhir dikemas, dan siap santap.

Untuk variasi dan topping ada beberapa rasa. Diantaranya original, keju, cokelat, pedas, dan beberapa rasa lainnya. Khusus untuk rasa keju, ada yang memakai keju impor.

4. Prol tape

Prol tape BondowosoRasanya mirip bolu dengan sentuhan rasa asam tape, prol tape juga bisa dijadikan oleh-oleh dari Bondowoso. Foto: Chuk Shatu Widarsha

Prol tape layak dicoba. Bentuknya mirip bolu pada umumnya dengan bahan utama tepung terigu, telur, mentega, gula, serta bahan lainnya. Bedanya, pada prol tape diberi tambahan tape yang sudah dilumatkan.

Semua bahan tersebut lantas dicampur menjadi adonan prol tape. Maka, menghasilkan citarasa legit, ditambah dengan rasa tape yang begitu kuat.

Sebagai topping, ditaburilah bermacam tambahan pelengkap. Misal keju, meses, butiran coklat, maupun bahan pemanis, dan pewarna lainnya. Produk ini terlihat menggugah selera dan rasanya amat nikmat.

Baca Juga: 4 Varian Tapai Khas Bondowoso yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh Lebaran



Simak Video "Nasi Kuning Sambal Roa yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT