4 Kuliner Khas Bangkalan hingga Pamekasan Madura yang Nikmatnya Nagih

ADVERTISEMENT

4 Kuliner Khas Bangkalan hingga Pamekasan Madura yang Nikmatnya Nagih

Tim detikJatim - detikFood
Rabu, 04 Mei 2022 11:30 WIB
Campor Lorjuk khas Madura
Foto: Instagram laurent_rency
Surabaya -

Mudik ke Pulau Madura terasa tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya yang enak-enak. Dari Bangkalan hingga Pamekasan, ini 4 kuliner khas Madura yang layak dicoba.

Pulau Madura menawarkan banyak kuliner enak sehingga kamu bisa menjalani agenda 'wisata kuliner' di sini. Kuliner ini bisa ditemukan di daerah Bangkalan hingga Pamekasan.

Ada juga wilayah Sampang dan Sumenep yang tak boleh dilewatkan. Kuliner di tiap daerah Madura ini unik-unik dan layak dicoba. Sebut saja nasi kobel khas Sampang hingga soto sabreng khas Sumenep.

Berikut 4 kuliner khas daerah-daerah di Madura, dari Bangkalan hingga Pamekasan:

1. Bangkalan

Usai menyeberangi Selat Madura, Anda langsung menginjakkan kaki di Bangkalan. Daerah ini ternyata menawarkan banyak kuliner lezat. Misalnya Nasi Serpang, yakni nasi pulen dengan aneka lauk pauk yang dibungkus daun pisang.

Anda bisa menemukan penjual Nasi Serpang di pinggir-pinggir jalan. Namun, ada tiga lokasi di Bangkalan yang biasanya dihampiri warga untuk menemukan kuliner ini. Ketiganya yaitu di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Ki Lemah Duwur, dan Jalan Trunojoyo.

Selain Nasi Serpang, Anda juga bisa mencicipi kuliner lainnya. Ada Soto Mata Sapi dan Topak Ladeh di Bangkalan yang tak kalah enak.

Baca Juga: Lebaran di Madura, Ada Kellapate hingga Topak Ladeh yang Unik

2. Sampang

Nasi Kobel, kuliner khas Sampang Madura berisi lauk ikan dan serundengNasi Kobel, kuliner khas Sampang Madura berisi lauk ikan dan serundeng Foto: Instagram poponce

Bergeser sedikit ke arah Timur, Anda akan tiba di Sampang. Sembari menikmati keindahan alamnya, sempatkanlah untuk mencicipi makanan khas Sampang.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencicipi kuliner Sampang lainnya seperti Dhun Adhun yang berisi potongan lontong dengan kuah kental.

Tak ketinggalan Nasi Kobel, yakni nasi dengan lauk ikan laut dan serundeng. Makanan ini mirip Ceger Telur yang berbahan dasar telur rebus dan daun kol, lalu dipadukan dengan kuah kental yang kaya rempah-rempah.

3. Sumenep

Kuliner khas Madura lainnya juga termasuk kuliner di daerah Sumenep. Ada Masak Pae, yakni sup merah dengan 'pie' di dalamnya. Pae atau pie adalah campuran kentang dan telur yang diolah seperti kue pie. Anda bisa membeli kuliner ini di Resto Amanish Jalan Wahid Hasyim.

Lalu ada Kaldu Kokot dari kikil sapi. Atau Soto Sabreng yang gurih meski tanpa kunyit, tapi kaya kaldu sapi.

4. Pamekasan

Rojak Tajin alias Bubur Rujak, kuliner khas Pamekasan berupa bubur yang dimasak dengan santan dan udangRojak Tajin alias Bubur Rujak, kuliner khas Pamekasan berupa bubur yang dimasak dengan santan dan udang Foto: Instagram ninaevawaty

Di ujung Pulau Madura, mampirlah ke Pamekasan. Saat melintasi daerah ini, Anda bisa menjajal kuliner asli Pamekasan.

Misalnya Rujak Tajin atau Rujak Bubur, yakni bubur dipadu dengan bumbu rujak yang dicampur kacang sangrai, petis, ikan tuna khas Madura, mentimun, sayuran, dan cingur sapi. Anda bisa menemukan kuliner ini di Warung Ibu Farida di Jalan Purba, Pamekasan.

Selain itu, ada juga Nase' Jhajan atau nasi campur khas Pamekasan dan Campor Lorjuk, yakni lontong kuah dengan lauk ikan lorjuk. Selamat berburu kuliner Madura yo, rek!

Baca Juga: Ini Kuliner Khas Madura Mulai Bangkalan hingga Pamekasan Pantang Dilewatkan



Simak Video "Resep Cake dan Pae Hidangan Khas Sumenep Madura"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT