Sedep Poll! Buka Puasa Pakai Nasi Bebek Ireng hingga Rawon Bakso di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Selasa, 12 Apr 2022 12:15 WIB
Menu Nusantara buatan chef Lukman untuk Buka Puasa di Raffles Jakarta
Foto: Raffles Jakarta
Jakarta -

Buka puasa makin spesial dengan suguhan menu Indonesia. Di restoran hotel bintang 5 ini tersedia deretan menu Nusantara istimewa. Mulai dari nasi bebek ireng, rendang tortellini, hingga rawon bakso yang sedap nikmat!

Indonesia punya beragam makanan Nusantara yang layak dicoba. Kenikmatannya selalu dicari orang lokal, terutama ketika berbuka puasa, karena merupakan 'comfort food' untuk mereka.

Presentasi dan rasanya bisa dibuat lebih istimewa, seperti ketika disajikan di hotel berbintang. Konsep inilah yang dibawa chef Lukman Hakim melalui Arts Cafe di lantai 1 hotel Raffles Jakarta yang ada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Menu Nusantara buatan chef Lukman untuk Buka Puasa di Raffles JakartaStall Rawon Bakso dari bagian Live Cooking Station di Arts Cafe. Foto: Raffles Jakarta

Mulai 2 April hingga 30 April 2022, chef Lukman beserta timnya menghadirkan deretan menu "Nusantara" untuk berbuka puasa. Selain menu buffet yang diisi makanan Jepang, Indonesia, hingga Timur Tengah, ada menu ala carte dari Live Cooking Station dan Show Kitchen yang layak dicoba.

Di sini pengunjung bisa melihat langsung kesibukan para chef menyiapkan menu hingga menyajikannya pada tamu. Semuanya dibuat fresh untuk memanjakan selera.

Pertama, ada Rawon Bakso yang unik karena memadukan 2 hidangan Nusantara terkenal yaitu rawon dan bakso. Tentu saja ada sentuhan istimewanya dari penggunaan daging wagyu super empuk dan mie hitam berbahan tinta cumi yang lembut mulur sebagai pendampingnya.

Menu Nusantara buatan chef Lukman untuk Buka Puasa di Raffles JakartaSeporsi Rawon Bakso dengan isian bakso, wagyu, telur asin, perkedel, mie hitam, hingga kerupuk merah. Foto: detikfood

"Kita daging rawonnya pakai wagyu yang diolah dengan teknik sous vide. Jadi teksturnya sangat empuk dan rasa dagingnya juga kuat," kata chef penyaji di stall Rawon Bakso pada detikfood (7/4/2022). Penyempurna Rawon Bakso adalah kerupuk merah atau emping yang renyah gurih.

Kedua, chef Lukman menghadirkan sei sapi khas Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai isian en croute. Jika biasanya hidangan berlapis pastry ini disajikan dengan salmon, chef Lukman membuatnya spesial dengan isian sei sapi yang empuk, gurih, dan smoky.

Sei Sapi en Croute ini juga diberi isian daun singkong rebus. Pelengkapnya keripik kale dan sambal matah yang pedasnya mantap dan menyegarkan. Menu ini layak dicoba!

Menu Nusantara buatan chef Lukman untuk Buka Puasa di Raffles JakartaChef Lukman membuat en croute dengan isian sei sapi khas NTT yang gurih smoky. Foto: Raffles Jakarta

Dari deretan Live Cooking Station juga tersedia Seafood Lumpia Semarang yang sayang dilewatkan karena isiannya padat dan gurih. Tak ketinggalan gado-gado yang diracik langsung di depan pengunjung.

detikfood juga mencicipi kreasi Show Kitchen buatan chef Lukman dan tim. Dimulai dari Tuna na Niura yang disajikan sebagai hidangan pembuka. Berupa gulungan nori (rumput laut) berisi tuna, andaliman, dan calamansi. Bagian bawahnya berwarna hitam ternyata bisa dimakan karena dibuat dari wakame yang digoreng.

Menu Nusantara buatan chef Lukman untuk Buka Puasa di Raffles JakartaPenampakan Nasi Bebek Ireng yang menggugah selera dengan sambal. Foto: detikfood

Nasi Bebek Ireng juga menjadi jagoan. "Warna hitam pada nasinya dibuat dari tinta cumi kemudian diberi bumbu supaya gurih enak," kata seorang chef penyaji. Lauk utamanya, bebek goreng yang dimasak 'slow cooked' sehingga super empuk dan juicy. Menurut kami, balutan bumbunya terasa 'medok' dan rempahnya gurih enak!

Chef Lukman kemudian menampilkan udang panggang dengan baby corn dan sambal, Josper Grilled Tiger Prawn. Ada juga pasta tortellini yang diberi isian suwiran rendang kemudian disajikan bersama kaldu daging sapi yang hangat dan jamur king oyster.

Semakin lengkap, Show Kitchen juga menghadirkan menu Barramundi Arsik dan Sate Ayam. Pengunjung bisa memesannya sesuai selera dan akan diracik fresh setelah dipesan.

Menu Nusantara buatan chef Lukman untuk Buka Puasa di Raffles JakartaAneka jajan pasar juga tersedia sebagai menu buka puasa di Arts Cafe, Raffles Jakarta Foto: detikfood

Puas makan yang gurih-gurih, kamu bisa melipir ke buffet Arts Cafe. Bagian Patisserie dan dessert siap memanjakan selera. Aneka jajan pasar, kue-kue Barat mungil, hingga es krim aneka topping bisa dicoba.

Salah satu yang menarik perhatian adalah pukis yang disajikan hangat-hangat. Kamu bisa memesannya dengan olesan selain Nutella supaya makin legit.

Untuk menikmati deretan menu Nusantara berkualitas buatan chef Lukman dan menu buffet lainnya di Arts Cafe Raffles Jakarta, biayanya Rp 450.000++ per orang. Reservasi dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi telepon atau WhatsApp di 08155 888.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)