ADVERTISEMENT

Persiapan yang Mesti Dilakukan Supaya Bukber Nggak Cuma Wacana

Angga Laraspati - detikFood
Senin, 11 Apr 2022 09:45 WIB
Ilustrasi Buka Bersama
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Buka bersama (Bukber) menjadi aktivitas yang kerap dilakukan selama bulan Ramadan. Selain sebagai ajang silaturahmi, buka bersama juga menjadi ajang berkumpul dan bersenda gurau dengan orang-orang terdekat.

Aktivitas bukber di bulan puasa terus menerus dilakukan dan seolah-seolah sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan masyarakat. Terkadang mereka yang non muslim juga bisa ikut buka bersama. Hal ini dilakukan untuk menghormati temannya yang berpuasa dan berkumpul dengan teman-teman lainnya.

Karena sudah menjadi tradisi, pastinya untuk mengadakan buka bersama ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini persiapan yang harus dilakukan agar buka bersama bisa berjalan lancar.

Perencanaan

Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu merencanakan buka bersama dari jauh-jauh hari. Kalau bisa 1 hingga 2 minggu sebelum hari H. Tentukan dulu berapa orang yang bisa hadir, tanggal, hingga tempat untuk melakukan buka bersama. Jangan lupa jaga komunikasi dengan semua yang ikut.

Tunjuk juga satu orang yang bertugas mencocokkan waktu agar semuanya bisa hadir. Ketika rencananya sudah matang, saat hari H buka bersama idealnya waktu berkumpul 2-3 jam sebelum tiba saatnya buka puasa.

Book Tempat

Setelah sudah menentukan berapa orang yang hadir, tanggal, dan tempatnya. Jangan lupa untuk mereservasi tempat yang sudah ditentukan. Kalau bisa dari jauh-jauh hari tempat tersebut sudah dibooking.

Hal ini mengingat ketika waktu buka bersama, banyak orang yang ingin buka bersama teman-temannya. Tentunya satu tempat akan dikerubungi oleh beberapa orang yang juga ingin mereservasi tempat tersebut. Jadi ingat, siapa yang cepat dia yang dapat.

Outfit

Biasanya ketika buka bersama, ada gimmick-gimmick tertentu agar bukber yang dilakukan lebih seru dan meriah. Salah satu gimmick tersebut adalah penentuan outfit yang harus dikenakan selama bukber. Tentu ini akan membuat bukber tak terlupakan.

Coba tentukan outfit-outfit yang seragam atau tema-tema tertentu. Bisa dengan tema arabian night, atau tema lainnya yang sesuai dengan keinginan. Atau kalau tidak ingin ribet, seragamkan outfit dengan teman-teman yang mengikuti bukber.

Bujet

Ketika semuanya sudah matang, sekarang saatnya untuk menentukan bujet yang harus dikeluarkan oleh masing-masing orang yang mengikuti buka puasa bersama. Penentuan bujet ini ditentukan berdasarkan jumlah orang yang hadir dan makanan atau tempat yang dipilih.

Buatlah pembayarannya bisa dilakukan sebelum bukber atau setelah bukber dilakukan. Berikan juga beberapa metode pembayaran kepada setiap orang yang hadir, bisa dengan cash saat bertemu di tempat atau melalui transfer.

Bila transfer menjadi pilihan metode pembayaran, beritahulah teman-teman yang mengikuti bukber bahwa ada satu alat pembayaran yang memungkinkan penggunanya tak perlu membayar biaya admin atau Rp 0 setiap transfer ke bank.

Alat pembayaran tersebut adalah ShopeePay yang mulai 14 Maret 2022 sudah bisa mengirimkan saldo ke mana saja tanpa biaya sepeserpun. Perubahan ini berlaku untuk setiap bank penerima saldo dan dapat dinikmati oleh pengguna ShopeePay.

Untuk mengisi saldo di ShopeePay, pengguna bisa melalui transfer bank yang dapat dicek otomatis dengan proses verifikasi. Adapun batas saldo maksimal untuk transfer ke sesama pengguna ShopeePay atau rekening bank sebesar Rp 10.000.000

Soal keamanan nggak usah khawatir, karena isi saldo, bayar, dan transfer saldo di ShopeePay dilengkapi dengan PIN untuk menjaga keamanan akun. Bagaimana mudah dan aman bukan pakai ShopeePay?



Simak Video "Imbauan Ahli Terkait Buka Bersama saat Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT