Lempah Kuning Bangka Belitung Terdaftar Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabtu, 09 Apr 2022 10:30 WIB
Wisata kuliner Lempah Kuning
Foto: Kurnia Yustiana
Medan -

Bangka Belitung punya makanan khas bernama lempah kuning. Dibuat dari ikan dan kuah kuning berempah, hidangan ini masuk sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) nasional.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dikenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, ada juga berbagai kuliner khasnya yang layak dicoba. Kebanyakan berupa olahan makanan laut karena secara geografis, Babel dikelilingi oleh laut.

Salah satunya lempah kuning yang berbahan ikan laut segar. Biasanya memakai ikan tenggiri, kakap, kembung, atau tongkol. Ikan ini dipadukan lempah alias kuah yang warnanya kuning. Bumbunya lengkap seperti kunyit, cabe, air asam Jawa, terasi, hingga laos. Kemudian ada juga tambahan potongan buah nanas.

Lempah kuning memiliki rasa asam pedas yang puaskan selera. Biasanya disajikan hangat-hangat untuk dimakan bersama nasi.

Akhmad Elvian, sejarawan dan budayawan Kota Pangkalpinang mengatakan lempah adalah salah satu jenis makanan berkuah untuk lauk pauk di Pulau Bangka. Lempah berdasarkan etimologi bahasa Melayu yang berasal dari kata lem dan rempah.

Hidangan Lempah Kuning Khas Provinsi Kepulauan Bangka BelitungHidangan Lempah Kuning Khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Foto: Deni Wahyono

"Lem berarti merekatkan atau menyatukan, sedangkan rempah disini artinya rempah-rempah," ucap Akhmad Elvian kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

Baca Juga: Asam Gurih Sedap Ikan Lempah Kuning Khas Bangka

Elvian mengatakan lempah kuning dipercaya memiliki nilai dalam kehidupan masyarakat Bangka. Hidangan ini menjadi simbol kehangatan dalam keluarga.

"Lempah kuning menjadi makanan khas di Bangka karena merupakan masakan perpaduan atau asimilasi antara orang darat dan orang laut serta Suku Melayu. Dan menjadi makanan rumahan keluarga batih monogami ketika makan bersama dalam keluarga, duduk ngelamper (lesehan) di atas tikar bertandang," ucap Elvian.

"Lempah kuning dihidangkan ketika hangat sebagai simbol kehangatan dan keakraban dalam keluarga," sambungnya.

Tak hanya itu, kata Elvian, lempah kuning juga dibuat dengan bahan-bahan yang berguna untuk kesehatan. Bahan pembuat lempah kuning seperti kunyit dipercaya sangat baik untuk kesehatan lambung.

Ikan Lempah KuningSelain Enak, Ikan Lempah Kuning Juga Berkhasiat Foto: Instagram

"Kemudian penggunaan terasi asli dapat memacu kerja otak. Selanjutnya bahan-bahan utama lempah kuning sangat kaya akan protein hewani seperti pada ikan, daging hewan dan unggas," sebutnya.

Saat ini lempah kuning sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTB) nasional dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Untuk mendapatkan lempah kuning saat ini sangat mudah di Pulau Bangka.

Mengutip Budaya Bangka Belitung (8/4/2022), penetapan lempah kuning sebagai WBTB nasional berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan Nomor 186/M/2015 tentang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2015 domain Kemahiran dan Kerajinan Tradisional (Tercatat Tahun 2010 dengan nomor registrasi 2010000289).

Baca Juga: Lempah Kuning Dipercaya Jadi Simbol Kehangatan Keluarga



Simak Video "Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)