Manis Legit! Ini Prol Tape hingga Tape Bakar Khas Bondowoso

Chuk Shatu W - detikFood
Sabtu, 19 Mar 2022 13:30 WIB
Kriuk Renyah Tape Bondowoso yang Legitnya Bikin Nagih
Foto: detikcom/Chuk Shatu W.
Bondowoso -

Membicarakan kuliner Bondowoso tak bisa meninggalkan olahan serba tape yang legit nikmat. Mulai dari prol tape hingga tape bakar, semuanya layak dicicipi!

Bondowoso adalah kota penghasil tapai yang berlimpah. Tak heran kalau kota di Jawa Timur ini juga dikenal dengan sebutan kota tape.

Olahan singkong dengan tekstur lembut dan paduan rasa asam manis ini disukai banyak orang. Namun tapai Bondowoso punya keistimewaan yaitu warnanya yang kuning cerah karena dibuat dari singkong kuning.

Tapai Bondowoso tak hanya enak dinikmati langsung, tapi juga dijadikan berbagai olahan manis. Mulai dari yang renyah hingga yang empuk lembut.

Berikut 4 jenis olahan tape khas Bondowoso yang sayang dilewatkan:

Kriuk Renyah Tape Bondowoso yang Legitnya Bikin NagihKriuk Renyah Tape Bondowoso yang Legitnya Bikin Nagih Foto: Chuk Shatu W./detikcom

1. Tape Krispi

Tape krispi merupakan makanan ringan berbahan dasar tape. Teksturnya yang renyah ini membuat sebagian orang ketagihan saat menyantap jajanan ini.

Bagi yang penasaran, tape krispi diolah dari tapai yang sudah matang lalu dikeringkan dengan suhu tertentu selama beberapa jam. Lalu diberi variasi rasa, seperti keju, cokelat, dan lainnya.

2. Prol Tape

Kuliner prol tape merupakan kue bolu yang berbahan dasar tape yang dilumatkan. Rasa tapai terjejak kuat dalam tiap irisannya.

Prol tape biasanya ditaburi berbagai macam topping seperti parutan keju atau cokelat. Paduan rasa bolu tape yang lembut dengan topping itu menjadikan prol tape istimewa.

Baca Juga: Tape Bondowoso yang Kriuk Renyah dan Bikin Nagih

3. Pia Tape

Kriuk Renyah Tape Bondowoso yang Legitnya Bikin NagihKriuk Renyah Tape Bondowoso yang Legitnya Bikin Nagih Foto: detikcom/Chuk Shatu W.

Sebagian orang pasti mengenal jajanan bakpia/pia. Di Bondowoso, ada pia berbahan dasar tape dengan tekstur yang sama dengan pia pada umumnya.

Makanan ringan itu tersedia dengan beragam rasa. Mulai dari original, cokelat, dan keju. Kuliner ini biasanya dijadikan sebagai buah tangan karena kemasannya praktis dan mudah dibawa.

4. Tape Bakar

Umumnya, tape disantap langsung saat matang. Namun, pernahkah Anda menjajal tape bakar?

Olahan tape ini memang sangat khas. Pembuatannya sendiri terkesan sederhana, yakni tape dibalut dengan daun pisang dan diberi isian seperti gula merah, cokelat, hingga parutan kelapa muda.

Paduan rasa tape dengan isian yang manis menjadi istimewa saat dipadu dengan aroma daun pisang dan asap bakaran. Kamupun patut mencicipi tape bakar saat sedang di Bondowoso.

Baca Juga: Legit! Ini 4 Olahan Tapai Khas Bondowoso



Simak Video "Pesta Tapai, Suka Cita Masyarakat Batu Bara Sumut Sambut Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)