Jajanan 'Kontol Pesok' Khas Brebes Ini Punya Kisah Menarik

ADVERTISEMENT

Jajanan 'Kontol Pesok' Khas Brebes Ini Punya Kisah Menarik

Imam Suripto - detikFood
Sabtu, 19 Feb 2022 12:30 WIB
Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol Pesok
Foto: detikcom/Imam Suripto
Brebes -

Odading sempat amat populer karena dipromosikan Ade Londok dengan cara nyeleneh. Mengenai sejarahnya, roti goreng ini ternyata juga disebut 'kontol pesok'. Begini kisahnya.

Odading adalah jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari adonan terigu lalu digoreng. Nama lainnya adalah kue bantal atau bolang-baling. Tapi tahukah kamu kalau odading juga bisa ditemui di daerah Jawa lain, tepatnya Brebes?

Di Kota Telur Asin ini odading disebut kontol pesok karena mengacu pada bentuk kue ini yang lonjong menyerupai kelamin pria. Tekstur jajanan ini juga lembut dan mudah peyot atau pesok bila ditekan dengan jari. Karenanya orang dulu menamai odading sebagai 'kontol pesok'.

Di Brebes, Jawa Tengah, jajanan ini bisa ditemui di kawasan Jalan Sultan Agung. Sekitar 200 meter ke selatan dari pertigaan jalan pantura ke arah Kecamatan Jatibarang. Pedagang menjajakannya mulai dari pukul 05.00 WIB sampai siang.

Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol PesokProses pembuatan odading alias kontol pesok oleh salah satu penjual di Jalan Sultang Agung, Brebes. Foto: detikcom/Imam Suripto

Jhoni (40), warga kampung Saditan Kelurahan Brebes adalah salah satu yang menjual kontol pesok. Selain kontol pesok, Jhoni juga membuat pisang cokelat (piscok), cakwe, roti tape, dan aneka jajanan lain yang dibuat dari terigu.

Dengan menggunakan gerobak, Jhoni mangkal di pinggir jalan untuk menjaring pembeli. Jhoni mengaku sudah berjualan kontol pesok sejak 2016 lalu.

"Dulu ikut orang membantu jualan kontol pesok dan sejenisnya. Tapi sekitar 2016 dia membuka sendiri jualan kontol pesok," tutur Jhoni di sela menggoreng kue manis gurih pesanan pembeli ini.

Sebelum Tenar Sebagai Odading, Jajanan Ini Disebut Kontol PesokOdading alias kontol pesok jadi jajanan favorit di Brebes, harganya Rp 1.000 per buah. Foto: detikcom/Imam Suripto

Jhoni mengaku bisa menghabiskan 12 kg terigu untuk sekali berjualan. Omzetnya berjualan kontol pesok ini pun tak main-main, mencapai Rp 1 juta per harinya.

"Mengenai harga, satu kontol pesok dihargai Rp 1000," terangnya. Jajanan ini banyak dicari pembeli. Kontol pesok buatan Jhoni terasa lembut dan manis gurih. Saat kondisi hangat, paling enak dinikmati bersama kopi atau teh.



Simak Video "Masak Masak: Resep Odading Rumahan ala Chef Martin"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT