ADVERTISEMENT

Peta Kafe di Jakarta

Manis Lembut Goguma Ppang, Roti Ubi Korea yang Hits Saat Pandemi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 19 Des 2021 15:00 WIB
Manis Lembut Goguma Ppang, Roti Ubi Korea yang Hits Saat Pandemi
Foto: Instagram carlinobakes
Jakarta -

Saat pandemi Covid-19, banyak tren makanan digemari. Salah satunya goguma ppang, roti ubi dari Korea Selatan yang tampilannya persis ubi mentah!

Di tengah pandemi Covid-19 muncul beberapa tren makanan dari Korea Selatan yang viral di kalangan foodies Indonesia. Sebut saja dalgona coffee, Korean garlic cheese bread, dan goguma ppang.

Ketiga menu itu memiliki keunikan tersendiri sehingga banyak orang menggemarinya. Pada goguma ppang, misalnya, makanan ini berbentuk persis ubi jalar mentah, namun begitu dibelah sebenarnya merupakan roti ubi yang manis lembut.

Kreasi "goguma ppang" yang secara harfiah berarti "roti ubi" ini sebenarnya tidak mengandung roti sama sekali. Luarnya dibalut tepung tipis dan kenyal mirip mochi, sedangkan dalamnya lumatan ubi. Sebagai sentuhan akhir, tepung ubi organik melapisi kreasi ini.

Carlino Bakes, salah satu penjual goguma ppang hits di Instagram

Hangout Cantik! Cicip Goguma Ppang dan Cruffin di Kafe ala SeoulCarline Darjanto, Sosok di Balik Carlino Bakes yang Membuat Goguma Ppang Foto: detikfood

Salah satu kreator goguma ppang yang hits di Indonesia adalah Carline Darjanto, sosok di balik Carlino Bakes. Ia bercerita banyak soal goguma ppang buatannya yang laris manis dijual online.

Soal bahan, dijelaskan Carline goguma ppang tidak memakai tepung terigu. "Nggak ada bahan tepung (terigu). Semua yang kita pakai tepung gluten-free. Jadi memang luarnya seperti mochi. Dalamnya ubi dan tengahnya ada kejunya. Jadi dimakannya bisa hangat-hangat. Rasanya kenyal dan cheesy," ujarnya.

Pertama kali ia membuat goguma ppang pada Agustus 2020. Ia mengatakan, "Awalnya saya melihat ada tren ini, saya mau coba aja bikin. Saya coba, kaget aja ketika saya share di Instagram story, mereka excited semua."

Carline menghadirkan dua varian goguma ppang yaitu original dengan isian keju mozzarella leleh dan ube yang warnanya ungu gelap. Selain di Carlino Bakes, kreasi ini bisa dibeli online dengan kemasan kotak isi 5. Harganya sekitar Rp 90-95 ribu.

Goguma ppang pernah laku 1.200 buah per hari, ceritanya ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT