Wajib Icip Kuliner Seafood Sidoarjo Ini! Harga Hemat Rasa Lezat

Nada Zeitalini - detikFood Selasa, 07 Des 2021 18:46 WIB
Kepiting Darjo Foto: Instagram.com/@kepitingdarjo
Jakarta -

Seafood merupakan salah satu makanan yang cukup diminati orang-orang Indonesia. Seperti misalnya kerang, udang, cumi dan kepiting yang diolah dengan cita rasa khas nusantara.

Makanan laut sejenis ini pun hampir banyak terjual di setiap kota-kota di Indonesia. Namun makanan yang berbahan dasar seafood kerap dijual dengan harga tak murah. Berbeda dengan bisnis seafood milik Indah Dwi Setyowati asal Sidoarjo. Makanan seafood yang dijualnya menawarkan harga yang hemat dengan rasa yang tetap lezat.

Indah membuka usaha masakan seafood yang dinamai Kepiting Darjo sejak tahun 2019 lalu. Ia menuturkan saat itu dirinya mengawali bisnis sebagai reseller. Hingga Kini ia mampu membuka bisnis kios kecil-kecilan miliknya sendiri.

"Alhamdulillah tahun 2020 terkumpul dana cukup untuk sewa sebuah kios kecil berukuran 3mx6m," ujarnya kepada detikcom.

Siapa sangka, bisnis yang dirintisnya dari reseller kemudian mengumpulkan modal dari laba tersebut mampu membuka beberapa cabang. Meskipun ia menjual makanannya dengan harga yang terjangkau, namun omzet bulanan yang diraihnya terbilang lumayan. Selama sebulan, Indah menuturkan dirinya bisa menjual 500 produk dan meraup omzet kurang lebih Rp 30 juta per bulan.

Indah menuturkan bisnisnya ikut merasakan dampak dari pandemi COVID-19. Menurutnya kini ia telah menutup beberapa cabang kios di masa pandemi ini.

"Dampak pandemi kami menutup 2 cabang ghostkitchen," tuturnya.

Meski begitu, bisnis Kepiting Darjo di Sidoarjo ini masih tetap dan terus bertahan. Berbagai strategi pun dilakukan di masa pandemi COVID-19. Seperti menerapkan protokol kesehatan dengan baik di setiap store. Kemudian ia juga mengembangkan pelayanan berupa delivery order express.

Tidak berhenti sampai di situ, meski diterpa badai pandemi, Indah tak patah semangat untuk terus mengembangkan bisnis kulinernya. Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengikuti program 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' yang digelar Kraft Heinz Food Service bersama detikcom.

"Menambah ilmu wawasan, dan menerapkan ilmu nya terhadap bisnis kami," ucapnya.

Melalui program tersebut Indah menuturkan dirinya mendapatkan banyak ilmu dari berbagai seminar yang diadakan. Selain itu, lewat program tersebut ia berharap bisnisnya bisa lebih berkembang dan dikenal di seluruh dunia.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com