Seru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di Banyumas

Arbi Anugrah - detikFood Rabu, 13 Okt 2021 12:00 WIB
Seru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di Banyumas Foto: Arbi Anugrah
Banyumas -

Jika mengunjungi Kabupaten Banyumas, ada kuliner unik dan menarik yang layak kamu coba. Ya, sate bebek sepanjang 50 centimeter atau setengah meter! Begini cita rasanya.

Sate bebek biasanya dijual di pinggir jalan, dimana tiap porsinya berisi 10 tusuk dan nasi, ditambah bumbu kecap atau bumbu kacang. Namun sate bebek ini hanya ada di Taman Santana yang berada di kali Cawang, Desa Banjarpanepen Kecamatan Sumpiuh, Banyumas.

Lokasinya berada di tengah perkampungan dengan nuansa alam karena berada tepat dipinggir sungai Panepen. Suasana yang asri ini jadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Sate bebeknya juga dibuat istimewa. Panjangnya 50 centimeter (cm) dengan isian 25 potong daging bebek.

Muhammad Arif Kholiyudin (25), warga Purwokerto mengaku penasaran dengan sate bebek ini. Ia bahkan sengaja datang ke Taman Sentana setelah melihat unggahan soal sate tersebut di Instagram.

"Suka banget karena di sebelah sungai, terus suasana alamnya dapet banget. Ini baru pertama kali, tapi beberapa Minggu ini lagi ada beberapa video yang lewat di Instagram saya, makanan ini sedikit viral, terus akhirnya penasaran ingin nyobain jadi kesini," kata Arif beberapa waktu lalu.

Seru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di BanyumasSeru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di Banyumas Foto: Arbi Anugrah

Dia mengatakan ada sensasi berbeda saat menyantap sate bebek Sentana dengan panjang setengah meter tersebut. Rasanya enak dan gurih dengan tambahan bumbu kacang dan kecap.

"Biasanya kalau sate bebek itu kecil-kecil, 10 porsi itu standar, tapi sate yang ini unik banget, karena panjangnya 50 centimeter, terus rasanya enak, gurih dan tidak alot. Karena biasanya ada beberapa sate yang memang agak sedikit alot, tapi ini enak banget, saya suka," jelasnya.

Saat makan, Arief juga mengaku ada sensasi tersendiri, seperti kesulitan dan harus berjuang untuk bisa makan sate panjang tersebut.

"Ada sensasi tersendiri, memang agak susah, karena biasanya makan sate pendek-pendek, ini kebetulan satenya panjang banget terus agak sedikit susah untuk makan. Tapi enak dan unik banget, apalagi penyajiannya juga tradisional banget, pakai daun pisang dan pakai bambu, kalau di foto itu estetis," ucapnya.

Selain Arif, salah satu pengunjung lainnya, Sherly Merliana (19) warga Purwokerto juga mengaku sengaja datang menikmati sate bebek untuk mengobati rasa penasaran.

Seru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di BanyumasSeru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di Banyumas Foto: Arbi Anugrah

"Penasaran soalnya jarang banget yang jual sate sepanjang ini, kalau sate yang lain kan biasanya pendek-pendek," ucapnya.

Meski sangat tertarik, Sherly mengaku sempat agak kesulitan ketika memakannya karena ukurannya panjang. "Tapi rasanya gurih, tidak alot," ujarnya.

Sementara pemilik tempat makan Taman Sentana, Benny Clay Rozally mengatakan jika ide awal membuat sate panjang 50 centimeter ini merupakan hasil kreativitas timnya di Sentana. Dimana sate bebek yang memang khas dari daerah Kecamatan Tambak dan Sumpiuh ini dibuat sendikit berbeda, tanpa menghilangkan khas rasa sate bebek itu sendiri.

"Ide ini awalnya dari kreativitas kita dengan tim yang ada di Sentana, pingin bikin sate yang unik, yang beda dari tempat sate sate yang lain, kebetulan disini econik dengan sate bebek, seperti di Tambak, Sumpiuh juga terkenal dengan sate bebeknya. Kita coba ingin sate bebek ini bisa go nasional, istilahnya sate bebek yang asli Tambak ini bisa dikenal banyak orang," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan sate berukuran setengah meter tersebut dirasa sudah sangat cukup menikmati, ditambah dengan nasi hangat. Jika lebih dari setengah meter, maka pengunjung akan kesulitan saat memakan sate tersebut.

"Dalam satu tusukan berisi sekitar 20-25 daging, cuma untuk sate kita dagingnya lebih besar-besar dibandingkan sate bebek pada umumnya," ucapnya.

Seru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di BanyumasSeru! Ini Sensasi Makan Sate Bebek Sepanjang 50 Cm di Banyumas Foto: Arbi Anugrah

Dia juga mengungkapkan kendala saat membuat sate panjang ini, dimana biasa sate pada umumnya hanya perlu memasukkan 3-4 potong daging. Tapi dengan sate berukuran setengah meter ini diakuinya lebih sulit saat memasukkan daging ke bilah bambu sebelum dibakar.

"Proses memanggang sate nya juga kita ubah menjadi memanjang. Yang jelas prosesnya agak lama, karena nyindiknya biasa kita masukin cuma tiga potong daging, kalau ini kita harus memanjang. Kesulitannya hanya diproses penusukkan dagingnya saja," ujarnya.

Dia juga mengatakan jika sate bebek panjang setengah meter ini hanya ada di Sentana dengan harga Rp 25 ribu per porsinya lengkap dengan nasi dan minuman. Namun Benny menegaskan jika sate ini hanya dapat dimakan di Sentana, dan belum melayani take away karena sulit untuk membungkus sate panjang tersebut.

"Kita hanya menjual sate bebek ini di Sentana dan kita tidak punya cabang. Kita juga agak membatasi memakan sate ini untuk dibawa pulang. Alasannya karena memang Sentana dengan khasnya, dengan panjangnya dinikmati di Sentana itu sendiri, dengan suasana pinggir kali yang tidak ada ditempat lain," ujarnya.



Simak Video "Sensasi Makan Sate Bebek yang Panjangnya Setengah Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com