Berita Terpopuler

Hukum Makan Tape dalam Islam hingga Kafe Viral Incaran Milenial

Tim detikfood - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 09:30 WIB
Viral di TikTok, 5 Kafe Ini Jadi Incaran Milenial Buat Nongkrong Foto: Instagram hakunamatata.jakarta
Jakarta -

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan hukum makan tape ketan dan durian dalam Islam. Ada juga minuman penggempur lemak alami hingga kafe hidden gem viral yang jadi incaran milenial.

Durian dan tape adalah makanan halal yang boleh dikonsumsi Muslim, namun banyak orang khawatir dua makanan ini mungkin mengandung alkohol dalam proses pembuatan atau penyimpanannya. Ustaz Khalid Basalamah pun memberikan penjelasan soal hukum makan durian dan tape dalam Islam.

Tak melulu bisa dikonsumsi Muslim, dua makanan ini ternyata berpotensi haram karena kandungan alkohol di dalamnya. Pada tape ketan, terbentuk karena proses fermentasi. Lalu pada durian, secara alami buah tropis ini bisa mengandung alkohol saat dibiarkan lebih lama. Seperti apa hukum makan durian dan tape dalam Islam?

Lemak yang membandel jadi 'musuh' banyak orang, terutama pelaku diet dan orang yang kelebihan berat badan. Lemak bisa menumpuk di perut hingga lengan. Lemak sejatinya memang diperlukan tubuh, namun kalau jumlahnya terlalu banyak malah membahayakan kesehatan.

Lemak bisa membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung. Untuk mengatasinya, memilih pola makan sehat yang tepat adalah kuncinya. Selain itu, ada beberapa minuman yang sifatnya dapat menggempur lemak secara alami. Minuman ini juga enak dan murah.

TikTok menjadi sumber rekomendasi untuk banyak hal, termasuk tempat makan. Ada banyak informasi soal kafe hidden gem viral berawal dari TikTok. Milenial pun jadi tertarik menyambangi tempat ini karena suasana dan menu yang ditawarkan begitu istimewa.

Kafe hidden gem ini hadir dalam beragam konsep. Disebut hidden gem juga karena beberapa alasan. Ada yang lokasinya benar-benar tersembunyi hingga sulit dijangkau. Penasaran? Yuk simak rekomendasi kafe hidden gem yang viral di TikTok.

Berikut deretan berita terpopuler detikfood yang menarik perhatian pembaca kemarin (22/9):

1. Hukum makan durian dan tape dalam Islam

Begini Hukum Makan Durian dan Tape Ketan dalam Islam Menurut Ustaz Khalid BasalamahBegini Hukum Makan Durian dan Tape Ketan dalam Islam Menurut Ustaz Khalid Basalamah Foto: iStock

Ustaz Khalid Basalamah menerangkan makanan halal bisa menjadi haram jika melalui proses-proses penambahan atau pembentukan zat memabukkan di dalamnya, seperti alkohol. Hal ini juga berlaku pada durian dan tape.

"Kalau sudah dibiarkan berhari-hari di kulkas, (tape ketan) dibiarkan berbusa dan sudah beralkohol, itu tidak boleh dikonsumsi. Biasanya rasanya juga sudah pasti berubah, sudah ada sedikit rasa kecut," jelasnya. Lalu pada durian, biasanya rasanya juga lebih asam ketika dibiarkan beberapa hari karena ada kandungan alkohol. Durian seperti ini juga tidak boleh lagi dikonsumsi Muslim.

Baca Juga: Begini Hukum Makan Durian dan Tape Ketan dalam Islam Menurut Ustaz Khalid Basalamah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com