Food Vlogger Mgdalenaf Ungkap 4 Trik Kulineran Seru Lewat GoFood

Yudistira Imandiar - detikFood Senin, 13 Sep 2021 13:06 WIB
YouTuber MGDALENAF Foto: Instagram @mgdalenaf
Jakarta -

UMKM kuliner merasakan dampak dari adanya pembatasan mobilitas selama pandemi. Layanan pemesanan makanan online seperti GoFood menjadi salah satu solusi bagi para pengusaha untuk tetap menjalankan bisnisnya.

Global Head Marketing GoFood Ichmeralda Rahman menyampaikan pihaknya menjalankan berbagai strategi untuk menstimulasi minat masyarakat membeli produk UMKM kuliner. Terbaru, GoFood mengeluarkan inisiatif #PesanDariUMKM untuk menggairahkan bisnis para mitra UMKM kuliner.

"Sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan, GoFood secara konsisten terus berinovasi agar selalu menjadi platform andalan pelanggan dalam menjelajah dan memenuhi kebutuhan kuliner. Inovasi yang kami hadirkan dalam bentuk fitur kategori khusus UMKM yang memudahkan pelanggan memilih dan menikmati jutaan pilihan menu yang tersedia dari ratusan ribu mitra UMKM. Tidak hanya itu, kami berkomitmen untuk terus mendukung bisnis UMKM kuliner bangkit bersama di masa pandemi dengan menampilkan berbagai kategori agar brand UMKM dapat eksposur yang maksimal," jelas Ichmeralda dalam keterangan tertulis, Jumat (10/9/2021).

"Inisiatif ini kami sebut #PesanDariUMKM, di mana kami mengajak para pelanggan setia dan masyarakat untuk mengeksplorasi lebih banyak menu dari resto merchant UMKM dan semakin memahami bahwa peran pelanggan sangat penting untuk membantu keberlangsungan bisnis mereka di tengah kondisi yang menantang ini. Dengan eksposur lebih besar, pelanggan bisa dengan mudah melakukan pencarian resto UMKM sekaligus mendapatkan sejumlah penawaran menarik," imbuhnya.

Inisiatif membantu UMKM di tengah pandemi yang dijalankan Gojek selaras dengan upaya food vlogger Mgdalenaf yang sejak awal pandemi membantu bisnis UMKM kuliner, dengan mempromosikan di kanal media sosial Instagram hingga YouTube. Mgdalenaf optimistis kondisi sulit ini bisa membaik sehingga banyak mitra UMKM yang bisa bertahan dan bangkit kembali dengan bantuan masyarakat dengan kapasitasnya masing-masing.

"Saya selalu coba rekomendasikan UMKM kuliner yang kurang tersorot agar para calon customer tertarik memesan, membuat ulasan membangun bagi UMKM, atau bisa juga sebarkan infonya ke lingkungan terdekat kita. Adapun di video-video review yang saya buat, saya selalu mencoba mengedukasi pelaku UMKM kuliner untuk mendigitalisasi dagangannya agar bisa terpasarkan lebih baik," jelas Mgdalenaf.

"Saya mengajak mereka mulai adaptif dengan dunia online yang sekarang makin banyak manfaatnya salah satunya dengan mendaftarkan merchantnya di GoFood. Dengan adanya sinergi ini, diharapkan bisa sangat membantu merchant UMKM di Gofood melewati masa sulit pandemi ini," tuturnya.

Sebagai dukungannya terhadap mitra UMKM kuliner GoFood, Mgdalenaf membagikan 4 trik andalannya dalam menemukan jutaan menu kuliner nikmat dari ratusan ribu merchant UMKM di GoFood. Ia mengatakan, selain banyak menemukan menu-menu baru lewat pencarian menu di aplikasi, Mgdalenaf juga banyak memanfaatkan promo yang sedang berlangsung.

gofoodgofood Foto: gofood

1. Eksplorasi Melalui Tile Kategori Pesan dari UMKM

Tile yang terdapat di halaman utama GoFood ini berisi kurasi berbagai resto UMKM yang berada dalam jangkauan terdekat dari tempat pelanggan memesan. Di tile ini, pelanggan bisa mencari resto secara mudah dan cepat dengan memanfaatkan fitur filter yang berisi urutan resto dari yang paling sesuai dan paling dekat dengan lokasi pelanggan, rentang harga, rating, diskon, dan lain sebagainya.

gofoodgofood Foto: gofood


2. Jelajahi Menu Favorit dari Resto Terdekat

Semua rekomendasi aneka menu pilihan, mulai dari jajanan kopi, olahan ayam, martabak, bubur, sate hingga menu vegetarian dapat langsung dieksplorasi di banner kuliner rekomendasi. Varian menu yang dihadirkan ini telah dikurasi sesuai dengan resto yang berada di sekitar tempat memesan pelanggan.
Bagi pelanggan yang bertempat tinggal di daerah Jabodetabek bisa langsung klik banner JABODETABEK di halaman utama GoFood untuk melihat langsung kurasi lengkapnya.

gofoodgofood Foto: gofood


3. Eksplor Menu dari Resto Terpopuler Pilihan GoFoodies

Lanjut scroll ke bawah di halaman GoFood, pengguna akan menemukan dua banner berdekatan, yakni resto terpopuler (most popular resto) dan lagi disukai Gofoodies (most loved eats). Dua banner ini dapat menjadi referensi bagi pelanggan yang ingin update dengan jenis-jenis kuliner sedang hits dan disukai foodies. Selain itu, pelanggan juga bisa melihat banyaknya jumlah pelanggan yang memesan dan ditandai suka oleh pelanggan lainnya selama rentang 7 hari terakhir.

gofoodgofood Foto: gofood


4. Lihat Resto yang Lagi Hype

Di kategori Resto yang lagi naik daun (restos on the rise), pelanggan akan menemukan carousel berisi daftar resto yang lagi banyak dipesan oleh Gofoodies di sekitar lokasi pelanggan. Pilihan resto bisa sangat beragam, mulai dari jajanan kopi, menu croffle yang sedang hits sampai bakso aci. Untuk pelanggan yang ingin coba menu-menu baru, bisa juga melihat carousel pilihan resto di kategori Belum banyak yang tahu (GoFood's hidden gems). Ada banyak menu untuk dicoba.

Ichmeralda menyerukan empat trik Mgdalenaf bisa langsung dicoba di GoFood. Selain menjelajah jutaan menu dan menentukan pilihan menu yang ingin dipesan, pelanggan juga bisa langsung menikmati potongan harga hingga Rp 110 ribu dan gratis ongkir dengan promo kulineran yang berlangsung hingga 28 September 2021.

Ia menuturkan inisiatif #PesanDariUMKM ini sejalan dengan misi Gojek, GoPay, dan Tokopedia di bawah payung GoTo untuk mendorong UMKM un terus maju dan #BangkitBersama melalui sejumlah solusi. #BangkitBersama merupakan sebuah gerakan yang yang menggabungkan solusi mobilitas, e-commerce, dan layanan keuangan di dalam ekosistem GoTo untuk membantu masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja sektor informal, untuk dapat bangkit kembali seusai pandemi COVID-19, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.

(mul/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com